Bulog: “Rastra” Diganti Voucher Pangan

0

    Palu, jurnalsumatra.com – Kepala Perum Bulog Sulawesi Tengh, Maruf mengatakan jatah beras sejahtera (rastra) yang sebelumnya disalurkan kepada warga miskin dipastikan 2017 akan diganti dengan voucher pangan.
“Jadi penerima rastra akan memperoleh kartu voucher pangan yang akan dibagikan pemerintah kepada setiap warga yang selama ini mendapatkan beras subsidi itu,” katanya di Palu,Selasa.
Program baru Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut diberlakukan mulai tahun depan, tambah dia.
Dia menjelaskan, rastra yang sebelumnya disebut raskin (beras untuk warga miskin) yang sudah dialokasikan pemerintah untuk 2016 tetap akan disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) di setiap daerah, termasuk di Sulteng sampai Desember 2016.
Voucher pangan dimaksud tentu sudah ditentukan nilainya seperti voucher handpone atau listrik. Setiap RTS mendapatkan nilai voucher pangan yang sama.

     Dengan kartu voucher tersebut, masyarakat bisa membeli beberapa jenis kebutuhan pangan sesuai dengan besaran nilai voucher.
Dia menambahkan, selain beras, masyarakat juga bisa membeli jenis pangan lainnya seperti gula pasir atau minyak goreng dan tepung.
Maka dalam menyambut program voucher pangan, pemerintah melalui Perum Bulog akan menyediakan rumah pangan kita (RPK).
Pada 2016, Perum Bulog akan membuka sebanyak 2.000 RPK di seluruh Tanah Air dan khusus Sulteng baru akan dimulai di Palu.
“Makanya sebelum akhir 2016 ini, Bulog Sulteng akan membuka RPK di Palu sebanyak 25 unit,” kata Maruf seraya menambahkan Kota Palu akan menjadi percontohan.(anjas)

Share.