Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Disdukcapil Batanghari Alami Kekosongan Blangko E-KTP

0

     Jambi, jurnalsumatra.com – Blangko untuk pembuatan e-KTP di Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batanghari, Provinsi Jambi terjadi kekosongan, mengakibatkan terganggunya pelayanan permohonan  ribuan masyarakat untuk memperoleh identitas kependudukan.
“Saat ini pembuatan e-KTP tidak bisa dilakukan karena keterbatasan blangko untuk pencetakan dan ini terjadi secara nasional,” kata Kabid Pengelolaan Data dan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Batanghari, Saltaut Supanji di Muarabulian, Selasa.
Untuk saat ini sudah 4.500 data e-KTP yang siap cetak, bahkan an dengan adanya keterbatasan blangko ini, maka masyarakat yang merekam tidak bisa langsung mendapatkan e-KTP.

     “Jika blangko sudah ada, untuk pencetakan e-ktp hanya memakan waktu sekitar satu jam saja,” ujarnya.
Dia menjelaskan, ada empat unit alat cetak di Disdukcapil dan untuk alat perekamannya ada di setiap kecamatan.
Sementara itu, dari data tahun 2015, penduduk Batanghari berjumlah 305 ribu jiwa, dan wajib e-ktp sebanyak 203.797 orang. Hingga saat ini tercatat sudah 160 ribu warga yang memiliki e-ktp.
“Artinya sekitar 80 persen yang sudah melakukan perekaman data dan memiliki e-ktp. Masih ada sekitar 20 persen dari wajib e-ktp yang belum merekam data,” katanya Supanji menambahkan.(anjas)