Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kubu Raya Terapkan GSC Pada 71 Desa

0

Pontianak,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya merealisasikan Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa) pada 71 desa di 5 Kecamatan yang ada di kabupaten itu.
“Program ini memiliki tujuan meningkatkan kesehatan ibu dan anak, serta peningkatan derajat pendidikan generasi muda di desa.  GSC merupakan salah satu program prioritas Kemdes dalam bidang kesehatan dan pendidikan,” kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, di Sungai Raya, Selasa.
Untuk bidang kesehatan, meliputi pelatihan pada ibu hamil dan menyusui, memberikan perhatian pada makanan dan kesehatan balita, serta pemulihan balita gizi buruk. Sedangkan untuk bidang pendidikan, lanjut Hermanus, pihaknya berupaya memperbaiki tingkat pendidikan generasi muda di setiap desa.
“Kita harapkan agar program ini menjadi solusi dalam meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat teruma di bidang pendidikan dan kesehatan, karena kedua hal itu menjadi fokus utama dari GSC ini. Kita juga harapkan agar programnya sinergi dengan program-program prioritas Pemerintah Kubu Raya dalam peningkatan layanan dan akses kesehata serta pendidikan,” tuturnya.
Hermanus mengatakan, berbagai indikator mengungkapkan keterbelakangan pendidikan dan kesehatan merupakan salah satu indikator penentu angka kemiskinan.
Untuk menekan angka kemiskinan sebagai akibat dari keterbelakangan pendidikan GSC diharapkan menjadi solusi untuk memberikan pendampingan dan fasilitasi terhadap masyarakat yang menjadi sasaran program tersebut.
Pelaksanaan program GSC, kata dia, menerapkan strategi pembangunan secara partisipatif, dan berpijak pada pendekatan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.
“Selain itu, pogram GSC juga memiliki fasilitator pendamping yang memadukan pendekatan penyadaran, peningkatan kapasitas dan pendayagunaan masyarakat,” tuturnya.
Hermanus mengharapkan agar program tersebut membawa nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat, dalam mendapatkan sentuhan pelayanan kesehatan, pendidikan dan perbaikan ekonomi keluarga.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Msyarakat Desa Kabupaten Kubu Raya, Sudiono menjelaskan bahwa program GSC tersebut disamping pendampingan terhadap masyarakat, juga menyediakan fasilitas terhadap masyarakat untuk mendspatkan layanan yang maksimal.(anjas)