Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Ombudsman apresiasi pelayanan publik Palembang

0

Palembang ,jurnalsumatra.com – Kantor Perwakilan Ombudsman Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi pelayanan publik di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Palembang dengan memberikan penghargaan, Selasa.

 

Sebanyak 17 SKPD Kota Palembang dinilai Ombudsman telah memberikan pelayanan sesuai UU No 25 Tahun 2009 dalam pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelayanan konsultasi.

 

Ke-17 SKPD tersebut, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan Daerah Palembang, Badan Lingkungan Hidup, Kesbangpol Linmas, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga.

 

Perusahaan Daerah Air Minum, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Sosial, Dinas Tata Kota, Rumah Sakit Unit Daerah Bari, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Badan Kepegawaian Daerah Diklat.

 

Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel Indra Zuardi seusai memberikan penghargaan ke Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, penghargaan ini diberikan untuk memacu semangat jajaran pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

 

“Penilaian dilakukan dalam satu tahun terakhir, dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Bisa dari laporan masyarakat, media massa, hingga inpeksi mendadak,” kata dia.

 

Ia tidak membantah, penilaian dari Ombudsman ini masih diragukan masyarakat karena SKPD yang dipilih relatif belum memenuhi keinginan warga.

 

“Seperti Disdukcapil, Ombudsman menyadari masih banyak warga yang belum puas. Tapi, percayalah penilaian ini sudah objektif karena melihat sendiri betapa mereka ingin berubah dalam memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat,” kata dia.

 

Ia mengamati terdapat sejumlah perubahan mendasar yang dilakukan SKPD di Palembang yang secara langsung dapat dirasakan masyarakat ketika meminta pelayanan.

 

“Sudah ada ruang tunggu, toiletnya bersih, menerima aduan dan keluhan, hingga selalu senyum ketika dimintai pelayanan. Perilaku SDM seperti ini sudah ditemui pada 17 SKPD yang menerima penghargaan,” kata dia.

(anjas)