Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Peserta Etape Tiga TDS Lewati Sejumlah Objek Wisata

0

     Simpang Empat, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pembalap peserta Tour de Singkarak (TdS) 2016 pada etape tiga, Senin (8/8) akan melewati sejumlah objek wisata pada jalur yang dilewati sepanjang 122,8 kilometer.
Pada etape tiga yang startnya dimulai dari objek wisata Khatulistiwa Tugu Equator Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) akan finis di Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat.
Dari jadwal yang ada, sekitar 110 pembalap akan mengikuti etape tiga itu yang diperkirakan start sekitar pukul 10.00 WIB pagi.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Abdi Surya didampingi Sekretaris, Armen membenarkan jalur etape tiga pembalap akan melewati sejumlah objek wisata di dua kabupaten itu.

     Ia mengatakan mulai start di Tugu Equator Bonjol Kabupatean Pasaman Barat yang merupakan jalur katulistiwa dan manjadi objek wisata di daerah itu, setelah itu melewati objek wisata air panas Rimbo Panti.
Selain objek wisata Rimbo Panti yang merupakan daerah hutan lindung sarat dengan pohon-pohon besar dan lereng bukit yang masih hutan yang masih perawan.
Lalu di kilometer 45 dari titik start atau masih sekitar daerah Rimbo Panti akan mendapat lokasi wisata air panas para pebalap akan melintas areal ini.
Jalur pebalap sepeda berikutnya di kilometer 93 akan menemukan objek wisata Lereng Gunung Talamau dengan ketinggian 2.982 meter dari permukaan laut.
Gunung Talamau mempunyai keunikan tersendiri yaitu pada puncaknya terdapat banyak telaga.
Umumnya jumlah telaga tersebut selalu berbeda-beda dan tidak selalu sama setiap dijumpai para pendaki. Jumlah yang umum terlihat adalah 13 telaga.
Selepas melewati Lereng Gunung Talamau, para pebalap juga melewati objek wisata Lubang Jepang yang merupakan peninggalan saat perjuangan dahulu kalanya.
“Mudah-mudahan palaksanaan etape tiga berjalan dengan lancar. Kami siap menyambut pembalap etape tiga yang akan finis di depan Kantor Bupati Pasaman Barat,” tambah Armen.(anjas)