Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bupati Seruyan Lepas 26 Calon Haji

0

     Kuala Pembuang, jurnalsuamtra.com – Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah melepas 26 jamaah calon haji kabupaten setempat untuk menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci Mekkah Al-Mukarramah dan Madinah pada  musim haji 1437 Hijriyah.
“Saya berharap semua calon haji asal Seruyan dapat menunaikan ibadah hajinya dengan lancar dan pulang ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur,” kata Sudarsono saat melepas jamaah calon haji di Masjid Agung Nurul Yaqin Kuala Pembuang, Kamis.
Orang nomor satu di “Bumi Gawi Hatantiring” berpesan agar jamaah calon haji dapat menjalan ibadah haji dengan niat yang tulus karena Allah serta menjauhi hal-hal yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kemabruran haji.
Laksanakanlah ibadah haji secara tertib, sabar dan khusyuk dengan mentaati aturan serta jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi sesuai petunjuk dan panduan yang diberikan, katanya.
Kemudian, selama di Tanah Suci, jamaah haji hendaknya memperbanyak ibadah dan jangan terlalu berpikir untuk berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena hal tersebut dapat menyita waktu jamaah untuk beribadah.

     Tujuan ke Tanah Suci untuk beribadah, rugi kalau tidak manfaatkan dengan baik, untuk oleh-oleh tidak perlu beli banyak-banyak untuk mengurangi beban, karena oleh-oleh haji juga ada di Indonesia, katanya.
Ia menambahkan, selama di Tanah Suci, khususnya bagi jamaah haji laki-laki hendaknya menyempatkan diri untuk beribadah seperti berdoa atau salat sunat di tempat-tempat yang mustajab, yakni di Raudah Masjid Nabawi Madinah.
Di situ ada satu tiang namanya Tiang Aisyah tempat Nabi Muhammad melakukan salat tahajud, salat atau berdoalah di tempat tersebut, khususnya berdoa untuk kabupaten ini agar menjadi daerah yang maju, mandiri, sejahtera, katanya.
Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Seruyan Hasanudin melaporkan, jamaah calon haji Seruyan berjumlah 26 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.
Jamaah akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 21 Agustus melalui embarkasi Banjarmasin bersama dengan calon haji dari Kabupaten Barito Selatan, Kotawaringin Timur, Lamandau, Pulang Pisau, dan Murung Raya yang tergabung dalam kloter 13.(anjas)