Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Jumlah kunjungan wisatawan di Sumsel merosot

0

Palembang ,jurnalsumatra.com – Jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan pada April 2016 mengalami kemerosotan 44,79 persen jika dibandingkan Maret berdasarkan data Badan Pusat Statistik.

Kepala BPS Sumsel, Yos Rusdiansyah di Palembang, Senin, mengatakan pada April terdata jumlah wisatawan hanya 795 orang, sedangkan bulan Maret mencapai 1.440 orang.

“Data ini diperoleh dari pintu masuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yakni diketahui bahwa jumlah wisman terbanyak dari Malaysia mencapai 235 orang, disusul Singapura 164 orang, dan Jepang 55 orang,” kata Yos.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan bahwa hingga kini sektor pariwisata Sumatera Selatan masih tekor jika dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang datang dan warga Sumsel berlibur ke provinsi lain.

Meski demikian, Sumsel mengalami pertumbuhan kunjungan wisatawan karena didongkrak oleh sejumlah agenda nasional dan internasional yang diselenggarakan di Palembang.

Menurut Irene, Kota Palembang menjadi destinasi pariwisata segmen Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition, pasca ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games XXVI pada 2011

“Inilah yang menjadi tugas berat Sumsel yakni bagaimana caranya bisa bersaing dengan daerah lain,” kata dia.

Untuk itu, pemprov akan menggandeng agen perjalanan untuk mempromosikan destinasi wisata Sumsel dalam berbagai paket wisata.

Selain itu, pemprov dalam dua tahun ke depan akan fokus membenahi infrastruktur dan fasilitas pendukung pariwisata.(anjas)