Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Kemenag Siapkan Delapan Bus Angkut Calon Haji

0

     Mataram, jurnalsumatra.com – Kantor Kementerian Agama Kota Mataram menyiapkan delapan unit bus untuk mengangkut jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 02 atau kloter utuh calon haji Mataram sebanyak 355 orang.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat, mengatakan jamaah kloter utuh ini akan masuk asrama haji pada  23 Agustus dan diberangkatkan ke Tanah Suci tanggal 24 Agustus 2016.
Pada 23 Agustus 2016, jamaah akan dilepas oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dan akan diberangkatkan ke Embarkasi Antara Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram dengan menggunakan delapan bus dan satu bus cadangan.
“Satu bus berisi 45 orang atau satu rombongan,” katanya.

     Menurutnya, sebanyak delapan unit bus itu nantinya akan menjemput jamaah dari pintu bagian timur Kantor Wali Kota Mataram, setelah berbagai rangkaian acara pelepasan dilaksanakan.
Untuk menghindari terjadinya desak-desakan antarjamaah dan pengantar jamaah, katanya, panitia pelepasan jamaah calon haji telah melakukan antisipasi.
Antisipasi yang dimaksud antara lain tidak mengizinkan keluarga jamaah mengantar sampai ke pintu bus tetapi pengantar jamaah cukup  sampai luar pagar kantor wali kota.
“Kita memahami tradisi mengantar jamaah calon haji yang sangat luar biasa di Pulau Lombok, tetapi kita juga harus bisa menjaga keselamatan jamaah,” katanya.
Sementara, lanjutnya, jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter 05 sebanyak 45 orang yang merupakan kloter campuran dengan Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur diberangkatkan 28 Agustus 2016, disiapkan satu bus dan satu bus cadangan.
Sedangkan untuk  kloter 10 sebanyak 129 orang calon haji Mataram bergabung dengan jamaah Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara bersama kloter 11 sebanyak 16 orang calon haji merupakan campuran dengan jamaah dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, disiapkan lima bus dan satu bus cadangan.
“Selain akan mengantar ke asrama haji, bus-bus yang kita siapkan itu juga akan mengantar jamaah ke bandara,” ujarnya.(anjas)