Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Polisi Kedepankan Diversi Siswa Pelaku Percobaan Pembunuhan

0

    Batam, jurnalsumatra.com – Polsek Nongsa Kota Batam akan kedepankan upaya proses di luar peradilan pidana atau diversi bagi MDA (17) seorang siswa yang merencanakan pembunuhan pada DD (16) di Batubesar pada Selasa (16/8).
“Karena MDA masih di bawah umur jadi kami kedepankan upaya diversi. Teramsuk pada NA (16) yang membantu MDA,” kata Kapolsek Nongsa Kota Batam, Kompol Syafruddin Dalimunthe di Batam, Jumat.
MDA merencanakan pembunuhan terhadap DD yang tengah dalam kondisi hamil tiga bulan dan minta pertanggungjawaban pelaku. Upaya pembunuhan yang dilakukan pada Selasa dinihari gagal, setelah korban berhasil melarikan diri setelah dianiaya pelaku.
“Diversi tersebut sesuai UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA) yang berlaku mulai Juli 2014. Kedua pelaku masih di bawah umur sehingga berhak mendapatkan restorasi justice,” kata dia.

    Meskipun akan mengedepankan upaya diversi, namun hingga saat ini pihak keluarga pelaku MDA dan korban belum ada yang datang ke Polsek Nongsa. Sementara pihak keluarga NA sudah mengajukan penangguhan penahanan.
“Kami juga menilai NA, tidak terlalu terlibat. NA hanya berada di tempat yang salah pada waktu yang salah. Namun untuk mengabulkan permintaan keluarga NA kami perlu berkoordinasi dengan Bapas,” kata Dalimunthe.
Sementara itu untuk MDA otak dari rencana pembunuhan yang gagal tersebut agak sulit untuk menangguhkan penahanan karena banyak fakta-fakta di lapangan memberatkannya.
“MDA mengakui merencanakan pembunuhan, memukul dengan batu pda bagian kepala, wajah, pelipis, perut dengan maksud menggugurkan janin pada korban yang hamil tiga bulan,” kata dia.
Kasus ini kata Dalimunthe sebisa mungkin akan dipercepat mempertimbangkan kondisi dua orang pelaku tersebut yang masih dibawah umur.
“Pemeriksaan terhadap pelaku sejak awal juga didampingi petugas Bapas. Mudah-mudahan segera bisa selesai,” kata Dalimunthe.(anjas)