Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kota Tangerang Maksimalkan Tandon Kering Cegah Banjir

0

Tangerang, jurnalsumatra.com – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang, Banten, akan memaksimalkan sistem tandon kering di beberapa wilayah untuk mengantisipasi banjir.
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang, Nana Trisyana di Tangerang, Sabtu, mengatakan, sistem tandon kering adalah tandon yang dikeringkan pada musim kemarau dan mampu menampung air ketika musim hujan tiba.
Sehingga, air memiliki daya tampung dan juga mengantisipasi terjadi genangan di beberapa lokasi yang sedang dalam proses penurapan.
“Sesuai dengan arahan Wali Kota, sistem tandon kering akan dimaksimalkan sebagai tempat penampungan air ketika hujan,” ujarnya.
Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir telah menyebabkan genangan di beberapa lokasi di Kota Tangerang di antaranya di Kelurahan Larangan Utara, Kelurahan Gaga, dan Perumahan Puri Kartika serta beberapa titik lain di Priuk dan Cipondoh termasuk di Jl. MH. Thamrin Tangerang.
Kepala Bidang Sumber Daya Air, Taufik Syahzaeni menambahkan, untuk mengatasi genangan air di Jalan MH Thamrin Cikokol tinggal menunggu persetujuan dari Pemprov Banten.
Sebab jalan tersebut merupakan jalan provinsi sehingga kewenangan penanganannya bukan di Pemkot Tangerang. “Kita sudah buatkan kajian. Jika sudah rapih tahap koordinasi dan diizinkan maka akan langsung segera ditangani,” tegasnya.
Untuk mengatasinya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang sudah menyiapkan petugas lapangan yang kemudian dilanjutkan pembersihan saluran air.
Selain itu, dilaksanakan juga integrasi drainase dengan saluran pembuang dan sungai/kali, pembuatan kolam retensi dan sumur imbuhan dalam rangka pemperbanyak sistem resapan dan parker air.
Lalu, implementasi zero run off setiap kegiatan atau alih fungsi lahan, konservasi SDA serta peningkatan peran serta masarakat dalam pengelolaan SDA.(anjas)