Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Pelabuhan Sampit Segera Operasikan “Container Crane”      

0

Sampit, Kalteng,jurnalsumatra.com – PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah segera mengoperasikan “container crane” untuk meningkatkan kapasitas bongkar muat peti kemas di pelaabuhan itu.
“Container crane yang akan dioperasikan di Terminal Bagendang, tadi berangkat dari Banjarmasin sekitar pukul 10:00 WITA. Diperkirakan tiba di Terminal Bagendang pada Senin tanggal 5 September,” kata Humas PT Pelindo III Cabang Sampit Sulistianingsih di Sampit, Sabtu.
Pelabuhan Sampit memiliki dua terminal yakni Terminal Sampit dan Terminal Bagendang. Terminal Sampit diprioritaskan untuk penumpang, sedangkan Terminal Bagendang khusus untuk bongkar muat barang, khususnya peti kemas.
Sulistianingsih mengatakan, satu unit ‘container crane’ yang dibawa melalui jalur laut itu merupakan satu dari dua ‘container crane’ yang akan direlokasi dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalimantan Selatan ke Terminal Bagendang Pelabuhan Sampit.
“Mudah-mudahan saja berjalan lancar supaya aktivitas bongkar muat makin meningkat,” harap Sulistianingsih.
Saat ini, bongkar muat peti kemas mengandalkan crane yang dimiliki oleh masing-masing kapal. Konsekuensinya, waktu bongkar muat menjadi lebih lama sehingga membawa dampak lain, khususnya dalam hal efisiensi dan biaya.
Untuk mengoperasikan dua ‘container crane’ itu, Pelindo III menyiapkan dua genset berkapasitas 20.000 KVA. Pelindo III harus menyiapkan genset karena tidak adanya pasokan listrik yang memadai untuk mengoperasikan alat bongkar muat peti kemas seharga delapan juta dolar per unit itu.
Penggunaan “container crane” mampu bongkar muat 17 sampai 20 peti kemas per jam. Jika mengandalkan crane yang ada di kapal seperti yang dilakukan selama ini kapasitasnya hanya separuhnya.
Pengoperasian “container crane” itu diharapkan mampu membawa peningkatan signifikan bagi bongkar muat barang di Terminal Bagendang. Harapannya, peningkatan itu juga akan membawa dampak positif terhadap perekonomian daerah.(anjas)