Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Bekasi Dorong Realisasi Sentra Penjualan Kurban

0

    Bekasi, jurnalsumatra.com – Dinas Perekonomian Rakyat Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah mendorong direalisasikannya sentra penjualan hewan kurban guna memudahkan pemantauan.
“Saat ini Kota Bekasi belum punya lokasi atau sentra pemjualan hewan kurban, sehingga masih ada sebagian pedagang yang mengganggu estetika tata ruang kota,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispera Kota Bekasi Satia Sriwijayanti di Bekasi, Senin.
Menurut dia, penjual hewan kurban di wilayahnya masih ada yang ‘menyerobot’ sejumlah fasilitas publik yang bukan peruntukannya, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan.
“Saat ini mayoritas pedagang berjualan di jalan protokol, halaman ruko kosong, lapangan kosong dan sejumlah fasilitas publik lainnya yang strategis,” katanya.
Situasi saat ini, kata dia, tersebar hampir di 56 kelurahan setempat sehingga menganggu kenyamanan dan ketertiban umum.

    Selain itu, kata dia, sebaran pedagang hewan kurban yang terpencar-pencar membuat pihakya kesulitan melakukan pengawasan akibat keterbatasan petugas.
Satia mengaku tengah mendorong instansi terkait untuk segera merealisasikan sentra resmi penjualan hewan kurban di wilayahnya.
“Kalau sentra hewan kurban ini kan bukan kewenangan kami di Dispera. Tapi ke depannya akan kita dorong ke pihak terkait untuk merealisasikannya,” katanya.
Satia menambahkan, transaksi penjualan hewan kurban di wilayahnya sejak 2013 hingga 2015 rata-rata mencapai 22 ribu ekor.
“Setiap tahunnya jumlah hewan kurban yang diperjualbelikan selalu meningkat. Jenis hewan kurban kambing masih mendominasi angka penjualan,” katanya.(anjas)