Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemkot Baubau Imbau Kontraktor Bekerja Tepat Waktu

0

    Baubau, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat mengimbau kontraktor pelaksana proyek agar melaksanakan pekerjaan tepat waktu dan berkualitas.
“Saya sampaikan kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) agar sedini mungkin melakukan identifikasi secara rutin di lapangan, dan kalau ada pekerjaan tidak sesuai arahan program, maka harus ditegur,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Baubau Abdul Rahim di Baubau, Senin.
Menurut dia, pemantauan proyek itu dilakukan untuk mengantisipasi sedini mungkin terjadinya hal-hal atau masalah yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, lanjut dia, para kepala bidang dan PPK di lingup PUPR Kota Baubau telah bekerja secara langsung untuk memperhatikan administrasi pelaksanaan kegiatan itu, sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang berjalan sekitar 50 persen atau rampung tetapi belakangan ada temuan.
“Dalam kontrak proyek bahwa paling lambat satu minggu sudah mulai pekerjaan, oleh karena itu PPK memantau di lapangan secara langsung. Dan jika belum ada aktivitas, akan kita tegur,” katanya.
Rahim mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan ketat seperti itu karena ada kecenderungan para kontraktor dalam menyelesaikan pekerjaan proyek di akhir masa kontrak, sehingga terkadang terjadi keterlambatan atau adendum perpanjangan kerja.
“Kontraktor biasanya pada masa ‘injure time’ baru sibuk untuk mengejar target penyelesaian pekerjaannya. Padahal sebelum itu banyak waktu yang dimanfaatkan menjadi terbuang. Ini persoalan yang sudah harus dihindari saat ini dan masa mendatang,” ujar Rahim.(anjas)