Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Disorda Papua Berikan Penguatan Kapasitas Bagi PSP3

0

Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, terus memberikan penguatan kapasitas bagi Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP3) angkatan XXIV dan XXV guna memahami penerapan jiwa kepeloporan di tengah masyarakat.
Sekretaris Disorda Provinsi Papua Rivo Manangsan, di Jayapura, Selasa, mengatakan penguatan kapasitas PSP3 sangat penting, mengingat kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan pemuda sebagai kader bangsa yang potensial.
“Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menambah wawasan para peserta PSP3, baik secara individual atau kelompok, sehingga dapat memahami, menjiwai, dan menerapkan jiwa kepeloporan dan kemandirian di tengah lingkungan masyarakat,” katanya.
Menurut Rivo, tugas dan kewajiban anggota PSP3 untuk memberikan jawaban dengan hasil pengembangan desa dan kewirausahaan yang mandiri sehingga bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
“Pemuda sarjana harus mempu membuat perubahan, kemampuan yang ada harus dimanfaatkan kepada orang lain,” ujarnya.
Dia menuturkan pasalnya, ke depannya harus menghadapi segala perubahan yang terjadi karena hakikatnya hidup ini berubah dan yang tak berubah adalah perubahan itu.
Senada dengan Rivo Manangsan, Kepala Bidang Pengembangan dan Kepempimpinan Pemuda Disorda Provinsi Papua Timotius Matuan, mengatakan, peserta  yang sudah mengikuti program ini dikontrak selama dua tahun yang berakhir tahun ini.
“Pemuda Sarjana dari Provinsi Papua ditempatkan di Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Manado dan Papua Barat, sedangkan dari NTT, Maluku dan Manado ditempatkan di Biak dan Kabupaten Jayapura,” katanya lagi.
PSP3 merupakan program pemerintah yang berdurasi waktu selama dua tahun, di mana merupakan program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang dirancang dalam meningkatkan peran kepemimpinan, kemandirian, dan kepeloporan pemuda, khususnya pemuda yang terdidik yang telah menamatkan jenjang pendidikan strata satu.(anjas)