Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Di Sumsel, Warga Lima Kabupaten /Kota Demo Stop Angkutan BAtubara

0

angkutan batubaraPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Sekitar Ratusan Warga 5 Kabupaten/Kota Sesumsel yakni Pali, Muaraenim Prabumulih Oi serta  palembang  Mengelar aksi Damai di halaman kantor Gubernur sumsel Rabu (7/9).

“kami menginginkan angkutan batubara tidak lagi melintas di jalan – jalan kota dan umum dan kami meminta angkutan batubara harus mengunakan jalur khusus.” ujar Koordinator Lapangan Usman Firiansyah saat melakukan orasinya.

Dia juga mengatakan. Kami juga meminta kepada Gubernur sumsel atau kepala dinas perhubungan untuk tidak memperpanjang lagi izin perpanjangan angkutan batubara yang melewatin jalan umum. Serta Kami juga minta surat yang menyatakan bahwa dispensasi angkutan batubara telah berakhir dan tidak diperpanjang lagi.

Lanjutnya. berdasarkan Undang-undang nomor 4 tahun 2014 tentang pertambangan mineral dan batubara (Minerba) dan pasal 52 peraturan daerah (Perda) provinsi Sumsel nomor 5 tahun 2011, angkutan baru bara dilarang menggunakan jalan umum.

“Amanah UU Minerba nomor 4 tahun 2009, PP nomor 23 tahun 2010 dan Perda Sumsel harus ditegakkan,” tegasnya.

Ditambahkannya. apabila aparat kurang siap untuk melarang angkutan batubara tersebut kami siap untuk membantu aparat Dishub dan kepolisian setempat melarang sopir batubara tidak melintas di jalan umum lagi dan harus lewat jalan khusus yaitu jalan PT Servo Lintas Raya, atau bisa diangkut dengan kereta api, serta kapal tongkang.”jelasnya.(RN)