Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemprov Agendakan Pembentukan Pergub Perlindungan Cenderawasih

0

     Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tengah mengagendakan pembentukan Peraturan Gubernur (Pergub) Perlindungan Cenderawasih sebagai satwa endemik asli Papua.
Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Kamis, mengungkapkan aturan tersebut tengah digodok dan segera diterbitkan. Ia tidak menutup kemungkinan aturan tersebut akan ditingkatkan menjadi peraturan daerah.
“Itu akan ada Pergubnya yang bisa kita tingkatkan menjadi Perdasus, tapi untuk sementara Pergub,” kata dia.
Menurut Enembe, dalam ajang Internasional Conference on Biodiversity, Ecotourism and Creative Economy (ICBE) 2016 yang tengah digelar, isu pelestarian burung cenderawasih akan ikut diangkat agar nantinya ditemukan formula yang tepat untuk melindungi satwa tersebut.

     “Jadi salah satu kesepakatan kita nanti, kita tidak lagi menjual belikan burung cenderawasih, tetapi hanya imitasinya sehingga ada pertumbuhan ekonomi kreatif,” ujarnya.
Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe diberikan tontonan oleh penari yang menarikan tarian “Balada Cendrawasih” dari Sanggar Tari Agirway yang memberikan pesan untuk menjaga dan melestarikan burung Cendrawasih, dalam pembukaan ICBE 2016.
“Tarian tadi baru pertama saya ikuti karena baru diperagakan di depan saya. Cendrawasih adalah kebanggan orang Papua,” kata Enembe.
Ia menegaskan bahwa konferensi ini menjadi penting untuk memberitahukan kepada semua pihak bahwa Pulau Papua memliki sumber daya alami daratan dan lautan yang luar biasa, yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara berkelanjutan.
“Ini diperlukan unutk meningkatkan kualitas hidup orang asli Papua agar keluar dari kungkungan ketertinggalan, kemiskinan, kebodohan, keterisolasian, keterbelakangan dan ketidakadilan,” ujarnya.(anjas)