Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Di Palembang, 275 KK Dapat Dana Bantuan Perbaikan Rumah

0

Novian Camat S.U.IPalembang. Jurnalsumatra.com – Untuk membantu warga mikin, Pemerintah Kota memberikan bantuan untuk memperbaiki rumah. Melalui program Penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) tahun 2016, sebanyak 275 kk di dua kecamatan mendapatkan dana bantuan untuk merehab rumah.

Ke-275 kk warga tersebut berada di Kecamatan Seberang Ulu I dan Kecamatan Kertapati. Dana bantuan yang digulirkan bervariasi antara 4 juta sampai 15 juta per rumah.

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan program ini sangat membantu warga yang tidak memiliki dana untuk memperbaiki rumahnya. “Dengan adanya program ini akan mengurangi beban beban warga yang membutuhkan bantuan dana untuk merehab rumahnya,” katanya, disela Launching Penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) tahun 2016 dan serah terima buku tabungan kepada kelompok penerima bantuan di kelurahan 2 ulu, kelurahan 9-10 ulu, (kecamatan seberang ulu I) dan kelurahan kemas rindo (kecamatan kertapati

Harno menjelaskan saat ini ada 57 titik pemukiman kumuh yang ada di Kota Palembang. Melalui program ini setidaknya mengurangi jumlah masyarakat miskin dengan rumah yang tidak layak. “Dana bantuan yang diberikan bervariasi, tapi rata-rata mendapatkan 15 juta per/rumah,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Seberang Ulu (SU) I, Novran mengatakan untuk kelurahan yang ada di wilayah SU I yakni ada kelurahan 2 Ulu dan kelurahan 9/10 ulu. Kelurahan 2 ulu ada 139 kk/rumah dan kelurahan 9/10 ulu ada 109 kk/rumah yang mendapatkan dana bantuan ini.

Bantuan yang diberikan berupa bahan material yang nantinya akan di gunakan untuk merehab. Mekanisme nya yakni dana bantuan yang di terima langsung di masukkan kedalam rekening penerima bantuan.

Kendati demikian dana tersebut tidak bisa di cairkan atau diambil dalam bentuk uang tapi hanya bisa tukar dengan bahan bangunan. “Program ini merupakan program tahunan dari pemerintah kota yang dananya diberikan oleh pusat,” bebernya.

Warga yang meneruma bantuan ini sebelumnya sudah disurvei terlebih dahulu. Melibatkan tim independen dari kalangan mahasiswa.

“Jadi tidak sembarang warga yang menerimanya. Tapi memang di peruntukkan untuk warga yang rumahnya membutuhkan owebaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut tambahnya saat ini di wilayah SU I Masih banyak rumah warga yang membutuhkan perbaikan. Seperti di 3/4 uku, 5 ulu, dan 7 ulu. “Bahkan warga yang bermukim di wilayah bantaran sungai diprioritaskan agar bisa dibantu,” tukasnya.(eka)