Gubernur Sumbar Lepas Atlet PON Jabar

0

     Padang, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno  melepas 435 atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.
“Pelepasan atlet PON 2016 ini betujuan untuk menumbuhkan semangat juang agar menjadi yang terbaik dalam pertandingan nanti,” katanya di Padang, Jumat.
Gubernur mengatakan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang diperingati setiap 9 September, harus dijadikan semangat dalam meraih medali pada PON 2016.
“Ayo olahraga untuk Indonesia sehat dan produktif,” ujarnya.
Selain melepas para atlet PON, Irwan juga memperingati HAORNAS ke-33 bersama para atlet PON di halaman kantor Gubernur Sumbar.

     Atlet PON 2016 terdiri atas 435 atlet, 87 pelatih dan ofisial dari 43 cabang olahraga dan 38 yang dipertandingkan lima olahraga eksebisi.
Atlet cabang olahraga yang telah berada di Jawa Barat sebanyak 13 cabang olahraga, sementara 30 cabang olahraga lainnya masih di Padang.
Cabang olahraga yang terakhir pergi ke Jawa Barat untuk bertanding pada 20 September.
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Saiful menjelaskan pada PON di Riau, Sumbar hanya menjadi peringkat ke 11.
“Dengan memberi semangat pada atlet, KONI mempersiapkan bonus yang sangat besar dengan emas Rp200 juta, perunggu Rp50 juta dan perak Rp25 juta,” tambahnya.
Ia berharap dengan besarnya bonus ini mampu memberikan motivasi altet agar bisa berprestasi dan mengharumkan nama Sumbar di dunia olahraga.(anjas)