Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


TNI Inhil Patroli Karhutla Dan Pendatang Baru

0

    Tembilahan, jurnalsumatra.com – Sejumlah Tentara Nasional Indonesia yang tergabung dalam Korem 07/Reteh, Indragiri Hilir Provinsi Riau melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan operasi yustisi di Parit Kemang Desa Pembenaan Kecamatan Keritang.
“Ini patroli rutin yang kami lakukan,” kata Babinsa Desa Pembenaan Serda Samsulrijal di Pembenaan, Kecamatan Reteh, Inhil, Provinsi Riau, Jumat.
Serda Samsulrijal menjelaskan tujuan patroli ini untuk mendata penduduk dan identitas penjaga atau pemilik kebun yang berada di wilayah tersebut.
Babinsa desa Pembenaan  Serda Samsulrijal menyebutkan tim juga bergabung dengan anggota Polsek Keritang dalam pelaksanaan patroli Karhutla dan operasi yustisi.
Sasaran wilayah kali ini di Parit Kemang Desa Pembenaan Kecamatan Keritang. Selain patroli titik api, upaya ini juga sekaligus pengecekan pendatang baru ke desa tersebut yang belum melaksanakan pelaporan kepada aparat pemerintah.
“Siapa tahu ada orang baru yang menjadi penduduk di kawasan hutan tersebut,” katanya menerangkan.

    Selain juga merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pembakaran lahan atau hutan yang di lakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang selama ini terjadi.
Sementara bagi masyarakat yang sudah terdata ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi kepada Babinsa apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan.
“Contohnya apabila terjadi kebakaran  lahan dan hutan segera melapor kepada Babinsa ataupun kepada aparat setempat agar cepat diatasi,” tegasnya.
Dalam kesempatan ini juga Babinsa menghimbau kepada masyarakat yang ada di kebun atau lahan perkebunan agar kiranya jangan sampai melaksanakan pembersihan lahan dan kebun dengan cara dibakar. Karena akan berdampak kepada meluasnya kebakaran. Sebab Riau terdiri dari 60 persen lahan gambut yang mudah merambat api.
Selain itu juga akan berdampak kepada asap yang tiap tahun diderita oleh masyarakat. Bukan saja merusak kesehatan akan tetapi mengganggu perekonomian daerah dan penerbangan, akibat kabut yang menyelimuti jarak pandang.
“Kegiatan patroli ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh setiap Babinsa Koramil 07/Reteh,” tegasnya menambahkan.(anjas)