120 Personel Polisi Diterjunkan Amankan Idul Adha    

0

Ternate, jurnalsumatra.com- Polres Ternate, Maluku Utara (Malut), akan menerjunkan sebanyak 120 personel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 H pada 12 September 2016.
“Terkait dengan persiapan pengamanan Idul Adha, kami sudah membuat rencana pengamanan yang akan kita libatkan sebanyak 120 peraonil,” kata Kabag Ops Polres Ternate, Kompol Ibnu Hadjar di Ternate, Sabtu.
Menurutnya, pengamanan yang dilakukan nantinya fokus pada persolaan pembagian hewan kurban dihampir seluruh mesjid di Kota Ternate.
“Yang kita antisipasi adalah masalah pembagian hewan kurban, sehingga antisipasi pengamanan harus di lakukan, untuk itu, di titik titik mesjid dari 120 personil akan dibagi ke beberapa mesjid untuk mengantisipasi proses pembagian hewan kurban ataupun pengamanan dalam rangka hari raya iIdul Adha,” ujarnya.
Sementara itu, proses penyebaran personil pengamanan tersebut akan dilakukan pada H-3 menjelang Idul Adha, karena pengamanan itu ditentukan waktunya, kurang lebih H-2 telah sebarkan personil dititik titik yang ditentukan, terutama kita memantau lokasi lokasi tempat pemotongan hewan kurban.
Sebab, diketahui hampir seluruh mesjid di Kota Ternate yang akan melangsungkan pemotongan hewan kurban dan dilihat mana yang paling banyak, seperti mesjid Al-Munawar, kemudian Mesjid Falajawa Satu.
Selain itu juga, diberi tanggung jawab kepada seluruh Polsek jajaran Polres Ternate untuk fokus melakukan pengamanan di wilayah hukumnya masing-masing.
“Sementara mesjid mesjid di wilayah Polsek-Polsek menjadi tanggung jawab Polsek, Polsek Utara, Selatan dan Polsek Pulau. dan kami menghimbau kepada masing masing kapolsek agar menempatkan personil juga untuk antisipasi rencana pengamanan menjelang Idul Adha ini,” katanya.
Dia berharap, mudah mudahan dalam pelaksanaan Idul Adha kali ini bisa berjalan dengan lancer dan pikhanya sudah melaksanakan operasi cipta kondisi Binwaspada, sedang berlangsung, mulai dari imbauan masalah miras tetap komitmen untuk tangani secara serius.
Ibnu menambahkan, selain Renpam Idul Adha, juga tengah berlangsung Operasi Binawaspada yang telah dilaksanakan selama 30 hari dan operasi ini baru akan berakhir pada 22 September 2016 mendatang.(anjas)