Kadis PU Kalsel Dorong Banjarbaru Bangun Jalan      

0

Banjarbaru, jurnalsumatra.com- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Selatan Martinus mendorong Pemerintah Kota Banjarbaru membangun jalan baru untuk mengurangi kemacetan di jalan yang ada sekarang seiring perkembangan yang terjadi.
“Pemkot Banjarbaru mulai sekarang perlu merencanakan pembangunan jalan baru sehingga bisa mengantisipasi kemacetan dan perkembangan kota,” ujarnya di Banjarbaru, Sabtu.
Menurut mantan Penjabat Wali Kota Banjarbaru hampir satu tahun pada 2015 itu, pembangunan Banjarbaru semakin pesat sehingga harus diimbangi dengan membangun ruas jalan baru.
Dijelaskan, pesatnya pembangunan di Banjarbaru bisa dilihat dari banyaknya pembangunan rumah toko dan fasilitas lainnya termasuk pusat perkantoran Pemprov Kalsel di kota itu.
“Pusat perkantoran Pemprov Kalsel di Jalan Trikora sekarang sudah cukup macet sehingga solusinya harus dibangun jalan baru memperbanyak akses agar tidak macet,” ucapnya.
Menurut dia, Pemprov Kalsel melalui Dinas PU siap membantu pemkot untuk meningkatkan jalan baru sepanjang ruas jalan sudah dibebaskan dan tidak ada permasalahan kepemilikan.
“Pemkot harus membebaskan dulu ruas jalan yang akan dibangun. Jika sudah tidak ada masalah, maka kami siap membantu melalui program peningkatan jalan seperti pengaspalan,” ujarnya.
Dikatakan, salah satu bantuan yang diberikan kepada Pemkot Banjarbaru yakni pengaspalan Jalan Lingkar Utara yang menghubungkan akses menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
Selain itu, membangun ruas jalan yang menjadi lingkar luar Banjarbaru di Kelurahan Sungai Ulin terhubung dengan ruas jalan di Kabupaten Banjar menjadi jalur alternatif Jalan Ahmad Yani.
“Untuk jalan Lingkar Utara hampir sebagian sudah diaspal, sedangkan Jalan Lingkar Luar Banjarbaru masih terkendala pembebasan tanah di wilayah Kabupaten Banjar,” katanya.(anjas)

Share.