Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Nanas Madu Rimbo Panjang Oleh-Oleh Khas Riau      

0

Pekanbaru, jurnalsumatra.com- Buah nanas madu Rimbo Panjang, Provinsi Riau merupakan oleh-oleh khas setempat yang sangat diminati para pemudik di musim libur, karena terkenal dengan rasanya yang gurih dan manis.
“Walau kulitnya masih hijau begini sudah manis, karena sudah tua saat dipanen,” kata Fitri (30) th pedagang nenas di Jalan Raya Bangkinang, Sabtu.
Fitri mengaku menjelang musim liburan dan peringatan hari keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha dimana banyak pemudik asal Pekanbaru- Provinsi Riau yang hendak pulang ke Sumatera Barat, buah nanas madu Rimbo Panjang menjadi pilihan oleh-oleh pavorit.
“Baik pemudik dengan roda empat maupun roda dua selalu mampir beli nanas disini,” katanya menambahkan.
Ia menjelaskan ada beberapa jenis nanas yang dijual di Pekanbaru, nanas Sungai Apit, Dumai, dan Siak. Namun yang menjadi primadona buah nanas madu Rimbo Panjang.
Yang membedakan nanas madu Rimbo Panjang dengan jenis lainnya, dari bentuk yang agak panjang dan lonjong.
Menurut dia penamaan nanas ini tergantung lokasi asal penanamannya.
“Nanas madu Rimbo Panjang ini asli hasil kebun disekitar sini,” katanya lagi sambil menunjuk arah perkebunan rakyat di sekitar Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
Ia menjelaskan harus mencari buah nanas madu Rimbo Panjang ke perkebunan petani yang berlokasi jauh ke dalam. Kadang sudah habis, diborong orang karena pedagang bukan hanya dirinya.
“Berebut juga, karena nanas madu Rimbo Panjang ini banyak yang nyari,” katanya lagi.
Meri pedagang buah nanas lainnya di sepanjang menuju Jalan Rimbo Panjang juga mengaku perdagangan buah berduri ini kini kembali menjamur. Karena petani sudah mulai banyak yang bertanam.
Apalagi harganya yang mulai membaik dikalangan petani membuat mereka berminat untuk menanamnya.
Menurut dia Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Riau terkenal sebagai sentra nanas madu.
“Dari sini yang terkenal ia nanas madu asli Rimbo Panjang,” tegasnya.
Mengenai harga saat ini memang mulai alami kenaikan, antara Rp8.000-12..500/ biji. Naik dari harga tiga tahun lalu yang hanya Rp3.000-5.000/biji.
“Ukuran besar kami ecer Rp12,500,” katanya lagi.
Diakuinya harga nanas madu Rimbo Panjang lebih mahal dari jenis lainnya seperti Sungai Apit, Dumai dan Siak.
Pantauan antara di sepanjang Jalan Raya Bangkinang di padati oleh lapak terpal pedagang buah nanas.
Tatanan buah nanas yang menguning dan tersusun menurut ukuran menjadi pemandangan yang menggiurkan pemudik untuk membelinya khususnya yang akan menuju Sumbar.
Mereka buka 24 jam, bahkan membuat pondok untuk tempat menginap, hal ini menjaga kunjungan pembeli setiap saatnya.(anjas)