Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


RB Dijadwalkan Kunjungi Polda Lampung    

0

Bandarlampung, jurnalsumatra.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Ketua MPR Zulkifli Hasan dijadwalkan mengunjungi Kepolisian Daerah Lampung, Selasa (13/9).
“Ya, rencananya Pak Menteri dan Pak Ketua MPR mengunjungi Polda sekitar pukul 7.30 wib,” kata Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin didampingi Kabid Humad AKBP Sulistyaningsih di Bandarlampung, Sabtu.
Menurutnya, kedatangan Menpan dan Ketua MPR itu guna menijau Polda Lampung. “Mungkin, soal kesiapan peningkatan tipe A Polda Lampung,” kata dia.
Nanti, ia melanjutkan, bisa langsung ditanyakan perihal kedatangan rombongan Kemenpan-RB apakah ada keterkaitannya dengan peningkatan status Polda Lampung.
Saat ditanya dukungan Pemerintah Provinsi Lampung, Dang Ike -sapaan akrabnya- mengatakan, bahwa pemerintah setempat mendukung peningkatan status Polda di wilayah ini.
“Gubernur juga sudah mengirimkan surat atas dukungan tersebut, dengan harapan akan semakin besar personel yang dapat mendukung upaya pengamanan di Lampung,” katanya.
Selain Pemprov Lampung, sejumlah tokoh masyarakat ikut mendukung peningkatan status Polda menjadi tipe A.
Kapolda mengatakan kenaikan tipe ini atas usulan Kapolri. Meski demikian, Kapolda mengaku keputusan penuh ditangan Menpan-RB. “Kenaikan tipe ini juga mendapat dukungan pemda, tokoh masyarakat, lembaga dan media, gubernur bahkan mendukung dengan mengirim surat ke Menpan, namun keputusan tetap di Menpan,” kata Kapolda.
Ia mengaku belum mengetahui kapan akan terealisasi kenaikan tipe Polda. “Belum bisa dipastikan pasca kedatangan Menpan berapa lama lagi menunggu, doakan saja secepatnya,” kata dia.
Di sisi lain, kedatangan Menpan-RB direncanakan untuk peresmian layanan masyarakat yakni SOS Polda Lampung.
Wakapolda Lampung, Kombes Krishna Murti menjelaskan, SOS Polda Lampung merupakan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel cerdas. Pogram ini merupakan pemanfaatan alat alat pengamanan berbasis teknologi seperti panic button, alarm, dan CCTV.
“Setelah diluncurkan, masyarakat dapat mendownload pada aplikasi handphone. Insya Allah dalam bulan ini sudah ada di app store,” kata dia.
Cara kerja aplikasi itu, kata dia, bila masyarakat mengalami gangguan kamtibmas dapat langsung menekan tombol SOS Polda Lampung sebanyak 3 kali. “Bila panic button atau alert diaktifkan data masyarakat tersebut langsung masuk ke kami lengkap alamat dan lokasinya,” kata dia.
Setelah masuk ke Command Centre Polda Lampung, petugas akan langsung menghubungi Polres atau Polsek terdekat. “Kurang dari 1 menit polisi sudah tiba di lokasi masyarakat yang menekan tombol tadi,” kata dia.
Aplikasi tersebut, juga dapat digunakan di bank, rumah, dan dalam pengembangannya dapat digunakan pada jam tangan yang mendukung aplikasi ini. “Aplikasi ini berbasis GPS. Sistem ini kami sediakan untuk masyarakat agar mempermudah dalam pelayanan,” kata dia.(anjas)