Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Satgas Temukan Penyakit Mata Pada Hewan Kurban    

0

 Tangerang, jurnalsumatra.com- Aparat Satuan Tugas (Satgas) Pemeriksaan Hewan Kurban Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten,  menemukan penyakit mata pada ternak yang dijual pedagang.
“Kami juga memantau ada ternak yang stres dan terserang flu karena datang dari daerah jauh,” kata Ketua Satgas Pemeriksaan Hewan Kurban Pemkab Tangerang Ahmad Hidayat di Tangerang, Sabtu.
Ahmad mengatakan hewan ternak yang mengadung penyakit mata itu berada di Kecamatan Tigaraksa, kemungkinan belum beradaptasi dengan daerah asal.
Sedangkan hewan ternak yang dijual para pedagang di Tiagarksa tersebut mayoritas berasal dari Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Hewan ternak yang stres dan flu itu kemungkinan karena pengaruh cuaca atau terkena guncangan dalam truk yang membawa hingga beberapa jam dari daerah asal.
Namun pihaknya mengharapkan kepada warga untuk teliti membeli hewan kurban dan harus sehat serta cukup umur.
Pernyataan tersebut terkait aparat Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Pemkab Tangerang, memberikan tanda khusus sehat terhadap hewan kurban karena mayoritas datang dari daerah lain, supaya terhindar dari penyakit antraks.
Sekretaris DKPP Pemkab Tangerang, Mawardi Nasution mengatakan kesehatan hewan kurban sangat penting karena bila berasal dari Kabupaten Bogor dan Purwakarta, Jawa Barat berpotensi terkena penyakit antraks.
Mawardi mengatakan kepada warga supaya membeli kambing, domba atau sapi untuk kurban yang tidak mengandung penyakit.
Hal tersebut, katanya menambahkan bahwa kedua daerah itu termasuk endemis penyakit antraks di Jawa Barat.
“Dapat membahayakan kesehatan warga bila mengkonsumsi daging yang belum diberikan tanda khusus tersebut,” kata Mawardi yang juga dokter hewan itu.
Ahmad menambahkan ternak yang tidak ada tanda khusus tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan sebagai hewan untuk korban.(anjas)