PON 2016-Disparbupora Pastikan Stadion Siap Digunakan Untuk PON    

0

Cikarang, jurnalsumatra.com – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memastikan Stadion Wibawa Mukti sudah 100 persen siap untuk cabang sepak bola pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX.
“Cabang olahraga sepak bola yang akan ditandingkan di Stadion Wibawa Mukti pada Rabu (14/9), pukul 15.30 WIB Kalimantan Timur VS Papua dan 19.00 WIB Bangka Belitung VS Gorontalo,” kata Kepala Disparbudpora Kabupaten Bekasi, Agus Trihono di Kabupaten Bekasi, Selasa.
Menurut dia dalam acara ini dilakukan persiapan berupa merapihkan rumput, pengecatan garis, dan sarana maupun prasarana telah dilakukan peningkatan atau pun perbaikan.
Selain itu, juga telah memasang sejumlah kamera CCTV untuk memantau setiap sudut ruangan di stadion yang berlokasi di Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur tersebut.
Dalam pemasangan CCTV ini juga memegang peran penting guna membantu melakukan pengamanan, dikarenakan pada PON XIX akan dipasang laptop, komputer, dan perangkat lunak lainnya yang digunakan oleh panitia, media, maupun petugas keamanan.
Selain menggunakan CCTV juga disiagakan petugas pemadam kebakaran dan melibatkan kepolisian, satpol pp sebagai pengamanan area stadion.
Ia menambahkan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kejahatan yang bisa terjadi di Stadion Wibawa Mukti. Apalagi stadion berkapasitas 35.000 penonton itu menjadi salah satu venue PON XIX.
¿Seluruhnya sudah siap pokoknya. Kemarin waktu kualifikasi beberapa fasilitas ruang tidak ber-AC, sekarang sudah dipasang AC. Rumput juga sudah sejak 3 minggu lalu diperbaiki,¿ katanya.
Agus menjelaskan dalam pengamanan yang dilakukannya ini bersifat wajar dan sudah semestinya, dikarenakan Kabupaten Bekasi termasuk bagian dari Jawa Barat.
Selain itu di pemerintah daerahnya juga berdiri kawasan industri dengan jumlah pendatang dari seluruh masyarakat Indonesia yang sedang mengadu nasib. Tentu saja dengan adanya acara besar seperti PON akan mengundang banyak antusias dari pendukung yang tinggal di daerahnya.
Sedangkan untuk jadwal pertandingan sepak bola yang dimainkan pada Stadion Wibawa Mukti diantaranya Jumat (16/9) Pukul 15.30 WIB Bangka Belitung VS Papua dan 19.00 WIB Gorontalo VS Kalimantan Timur.
Serta pada Minggu (18/9) Pukul 15.30 WIB Sumatera Selatan VS Sumatera Utara dan 19.00 WIB Kalimantan Timur VS Bangka Belitung.
Untuk itu bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola guna memberi warna pada kesebelaaan, agar tertib dan santun dalam melakukan dukungannya. Serta pendukung dari kesebelasan dilarang keras untuk memancing keributan saat sedang menyaksikan pertandingan secara langsung.(anjas)