Prajurit Korem Sorong Sholat Idul Adha

0

   Sorong, jurnalsumatra.com  – Prajurit dan PNS bersama keluarga Korem 171/PVT Sorong, Papua Barat, melaksanakan Sholat Ied Hari Raya Idul Adha 1437 H tahun 2016, di Lapangan Makorem, Senin.
Sholat Ied yang dihadiri ribuan prajurit dan PNS bersama keluarga Korem 171/PVT Sorong tersebut dipimpin Imam Ustadz Hj Mungawan dan Hj. Sarasa selaku Khotib.
Khotib Hj. Sarasa dalam khotbah yang disampaikan pada Sholat Ied mengatakan, Idul Adha adalah Hari Raya yang identik dengan Idul Kurban sejatinya berkurban sehingga apapun yang kita lakukan baik bersifat material maupun non material harus ikhlas.
Artinya prajurit TNI harus mampu implementasi makna hari raya kurban ini dengan tingkatkan kesalehan spiritual, intelektual dan relah berkorban dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara.

   Ia menjelaskan bahwa sesuai ajaran islam pada tanggal 10 dhulhijjah umat islam bersama sama melaksanakan sholat idul adha. Di hari itu pula umat berkuban selama tiga hari ke depan yang disebut hari tasrik dzulhijah.
Selama massa itu, katanya, umat islam dianjurkan menyembelih hewan kurban dan distribusikan 2/3 dagingnya kepada yang membutuhkan atau orang orang yang lemah ekonominya.
Bukan jumlah material hewan kurban yang menjadi tolak ukur melainkan ketulusan dalam memupuk kedekatan kepada sang pencipta. Mampu wujudkan ikatan silaturahim yang erat antar sesama umat manusia sebagai hakikat ketakwaan yang dilakukan dengan niat suci dan hubungan yang kokoh dalam kehidupan sosial.
“Saya berharap prajurit dan PNS TNI Korem 171/PVT Sorong mampu implementasi makna hari raya kurban ini dalam melaksanakan tugas setiap hari,” tambah dia.(anjas)