Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Pelajar Aceh Laksanakan Kurban      

0

Blangpidie, Aceh, jurnalsumatra.com – Para pelajar di berbagai daerah di Provinsi Aceh melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari ketiga Lebaran Idul Adha 1437 Hijriah sebagai bentuk kepedulian dan pengorbanan mereka untuk sesama umat Islam, khususnya yang kurang mampu.
Pantauan di sejumlah daerah, Rabu, siswa-siswi di SMPN 1 Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyembelih dua ekor hewan kurban jenis kerbau dan dagingnya sebagaian dibagikan kepada pelajar yang orang tuannya kurang mampu juga masyarakat miskin di sekitar sekolah.
Kepala SMPN 1 Blangpidie Nurhayati mengatakan, dua ekor kerbau seharga Rp30 juta yang telah disembelih di sekolahnya itu merupakan hasil dari sumbangan siswa-siswi sejak awal tahun untuk kurban.
“Dua ekor hewan kurban itu merupakan hasil sumbangan siswa-siswi sejak awal tahun. Setiap hari jumat, khususnya setelah kegiatan muhazarah di sekolah, semua pelajar mengumpulkan uang secara iklas untuk kebutuhan membeli hewan kurban,” katanya.
Nurhayati mengaku sangat terharu terhadap sikap disiplin siswa-siswinya yang menunjukkan nilai ketaqwaan yang tinggi, dimana setiap usai kegiatan muhazarah dengan ikhlas mereka berlomba-lomba menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabungkan.
“Setiap Jumat, anak-anak menyisihkan uang jajan mulai dari Rp500 hingga Rp2.000 untuk ditabungkan pada Organisasi Siswa Infra Sekolah (OSIS). Setelah terkumpul banyak, mereka membeli dua ekor kerbau untuk kurban lebaran Idul Adha ini,” ujarnya.
Ia mengatakan, proses pelaksanaan kurban dua ekor kerbau milik siswa-siswi tersebut berlangsung di halaman SMPN Blangpidie dan dikelola langsung oleh pihak OSIS dibantu oleh dewan guru.
Kemudian, setelah proses kurban berlangsung, semua daging kerbau kurban itu dibagikan kepada 130 keluarga siswa fakir miskin dan anak yatim piatu khusus yang bersekolah di SMP tersebut.
“Pembagiannya langsung dikelola oleh OSIS. Kami para dewan guru hanya membina dan memberikan motivasi pada anak-anak. Berhubung hari pertama lebaran dewan guru dan siswa-siswi berlebaran dengan keluarga, makanya kita laksanakan hari ini,” katanya.
Kata dia, program siswa-siswi menyembelih hewan kurban itu bukanlah yang pertama, akan tetapi program pelajar berkurban di sekolah ini sudah berlangsung lama.
“Sebelum saya menjadi kepala sekolah, program anak-anak berkurban saat lebaran Idul Adha disini memang sudah dimulai. Jadi, kurban yang kita gelar hari ini merupakan yang sekalian kalinya,” ujarnya.
Sementara itu, pelajar mulai SD-SMP-dan SMA di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban di sekolah masing-masing.
(anjas)