Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Tim Lss Provinsi Nilai Empat Sekolah      

0

Padang Panjang, jurnalsumatra.com – Empat sekolah dari berbagai tingkatan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), dinilai tim dari provinsi dalam rangka Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat provinsi itu.
“Penilaian ini merupakan evaluasi dari pelaksanaan sekolah sehat,” kata Ketua tim penilai LSS tingkat Provinsi Sumbar, Fionaliza di Padang Panjang, Rabu.
Hal itu disampaikannya ketika mengunjungi sekolah yang masuk nominasi LSS di Padang Panjang untuk dilombakan tingkat provinsi.
Selain melakukan penilaian LSS, tim dari provinsi itu juga berharap LSS bisa merubah perilaku peserta didik kearah yang lebih baik, sehingga bisa diterapkan di tempat tinggal.
“Dalam hal ini pengelolaan sekolah sehat juga bisa dilaksanakan secara terpadu, sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai,” ujarnya.
Ia menambahkan, pihak sekolah supaya tidak mengharapkan kebersihan sekolah kepada petugas kebersihan sekolah saja. “Peran peserta didik dan tenaga pengajar juga sangat menentukan program kesehatan berjalan di sekolah,” terangnya.
Ia menjelaskan, dalam LSS kali ini yang menjadi objek penilaian yakni kebersihan ruangan kepala sekolah, ruang belajar, ruang pustaka, lingkungan sekolah, UKS, tempat sampah, kamar mandi dan lainnya.
Untuk Padang Panjang sendiri, kali ini LSS seklah sehat itu diwakili oleh Taman Kanak-Kanak Pertiwi, SD 13 Ganting, SMPN 2 dan MAN Gunung.
Wakil Wali Kota Padang Panjang, Mawardi mengharapkan LSS itu bisa menjadikan daerah itu bersih secara keseluruhan yang nantinya akan berdampak kepada kualitas kesehatan manusia.
“Kalau sudah bersih, derajat kesehatan akan meningkat dan demikian sebaliknya, maka dari itu terapkanlah budaya bersih itu menjad kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.(anjas)