Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Pemkot Palembang berdayakan 1.000 kader lingkungan

0

Palembang ,jurnalsumatra.com- Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan memberdayakan 1.000 kader lingkungan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam.
Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan, para kader lingkungan ini berasal dari 16 kecamatan setempat, yang dipercaya dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga alam sekitar.

“Sudah satu tahun ini kami bergerak bersama kader lingkungan, dan terbukti keberadaan mereka sangat bermanfaat di tengah masyarakat sebagai agen perubahan terkait kepedulian terhadap lingkungan,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo dan Wakil Walikota Fitrianti Agustinda memantapkan kader lingkungan dengan menyerahkan kartu anggota.

Acara ini juga dihadiri Kasubdit Barang dan Kemasan Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ujang Solihin.

Kegiatan ini diawali dengan operasi semut oleh seluruh kader lingkungan dengan memungut sampah di sepanjang taman kambang iwak dan sekitarnya.

Dalam acara tersebut juga digelar parade kostum oleh anak-anak sekolah yang terbuat dari bahan-bahan sampah bekas.

Usai parade, kostum tersebut dilelang yang terjual dengan harga di atas satu juta rupiah.

Harnojoyo mengatakan saat ini sejumlah anak Sungai Musi mendangkal karena endapan tanah dan tumpukan sampah warga sehingga menjadi salah satu penyebab banjir saat musim hujan.

“Kondisi beberapa anak sungai di Kota Palembang tergolong parah karena banyak yang sudah menyempit diameternya. Di sinilah peran dari kader lingkungan yakni mengajak dan sekaligus memberikan contoh ke masyarakat untuk menjaga sungai,” kata dia.(anjas)