Stok Beras Biak Cukup Untuk 10 Bulan    

0

Biak, jurnalsumatra.com – Stok bahan pokok beras di Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga September 2016 sebanyak 8.000 ton cukup untuk bertahan hingga 10 bulan kedepan.
Kepala Perum Bulog Sub divisi regional Yudi Wijaya di Biak, Senin, mengatakan stok beras ribuan ton Bulog akan didistribusikan untuk program beras sejahtera (rastra), jatah PNS dan prajurit TNI/Polri serta ketahanan pangan untuk berbgai kabupaten di kawasan Teluk Saereri.
“Kebutuhan beras setiap bulan dilayani Bulog untuk keperluan program rastra dan jatah beras PNS dan prajurit TNi/Polri mencapai 500 ton,” ungkap Kepala Bulog Biak Yudi Wijaya.
Dia mengatakan, wilayah Biak yang sangat strategis menjadikan Bulog Biak sebagai daerah penyangga penyedia kebutuhan beras kabupaten sekitar, diantaranya Serui, Supiori, Waropen, Timika dan daerah lain.
Menyinggung pengawasan beras sejahtera untuk warga miskin, menurut Yudi, dalam pendistribusian di lapangan sesuai dengan standar operasional prosedur penyaluran beras hingga di ibukota distrik/kecamatan.
Yudi menegaskan, ada sanksi bagi pegawai Bulog apabila terbukti terlibat dalam penyalahgunaan beras sejahtera yaitu akan ditindak tegas sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.
“Sebagai pimpinan saya sudah mengingatkan setiap pegawai Perum Bulog Biak untuk tidak bermain-main dengan beras sejahtera program pemerintah, ya jika ditemukan bukti ada keterlibatan pegawai Bulog maka sanksinya sangat keras bisa dipidana penjara atau diberhentikan dari pegawai,” tegas Kabulog Subdivre Biak Yudi Wijaya.
Hingga Senin, penyaluran beras sejahtera hingga periode September 2016 telah mencapai realisasi 80 persen dengan kebutuhan setiap bulan setara 500 ton untuk Biak dan 70 ton untuk Kabupaten Supiori.(anjas)