BMKG: Waspadai Hujan Lebat Dan Angin Kencang      

0

Sabang, Aceh, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang, memprakirakan, hujan dengan intensitas rigan dan lebat serta angin kencang akan melanda wilayah itu dan sekitarnya, sehingga masyarakat dimintai selalu waspada.
“Kita mengimbau kepada masyarakat Sabang dan sekitarnya selalu meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi cuaca buruk sampai Rabu ini,” kata Kepala Stasiun BMKG Cot Ba U, Kota Sabang, Siswanto di Sabang, Senin.
Katanya, para pengguna jasa pelayaran maupun masyarakat nelayan juga selalu meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi tingginya gelombang laut, pasalnya potensi ini dapat terjadi pengaruh angin kencang.
“Para nelayan harus meningkatkan kehati-hatiannya dalam berlayar khususnya kapal kecil maupun kapal tongkang yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan komunikasi seperti global positioning system (GPS),” katanya lagi.
Menurutnya, sesuai dengan target dalam pemberian layanan informasi yang ada di BMKG bahwa pihaknya selalu mengarahkan pada prinsip “prakiraan cuaca berbasis dampak dan informasi peringatan dini berbasis risiko”.
Artinya, BMKG tidak hanya sebatas pada pembuatan prakiraan cuaca dan menyebarkan informasi yang telah dianalisa, akan tetapi harus menjelaskan dampak secara nyata yang berpotensi terhadap bencana akibat adanya fenomena unsur cuaca yang ekstrim.
Ia menambahkan, potensi cuaca buruk seperti hujan lebat yang akan berakibat pada munculnya genangan air pada bada jalan raya akan berakibat jalan licin dan berbahaya bagi para pengendara sepeda motor maupun pengguna jalan lainnya.
“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi angin kencang dan menghindari melintasi area pohon yang besar karena dimungkinkan sistem perakarannya tidak mampu lagi menopang dahan dan rantingnya,” tuturnya.
Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang juga mengimbau, kepada masyarakat Sabang dan sekitarnya selalu berhati-hati jika ingin berteduh dan menjauhi dari daerah yang ada tiang listrik maupun objek yang lebih tinggi karena objek tersebut akan menjadi media penghantar listrik yang kuat saat terjadi sambaran kilat dan petir.(anjas)