Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Disperindagkop Dorong Pedagang Miliki Kartu Elektronik Pasar        

0

Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Jayapura tengah berupaya mendorong para pedagang untuk memiliki Kartu Elektronik Pasar (Kepas), sebagai bagian dari upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).
Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert Awi, di Jayapura, Senin, menjelaskan, Kepas iitu sesungguhnya dimaksudkan agar para pedagang tidak lagi membayar kepada petugas, atau langsung membayar retribusi ke bank.
“Kadang petugas kami turun menagih dalam keadaan mabuk, atau melakukan pungli, hal-hal ini yang kami antisipasi. Dengan memiliki Kepas, pedagang langsung membayar ke bank. Ke depan diharapkan tidak ada lagi kongkalikong antara pedagang dan petugas yang ada di pasar,” ujarnya.
Ia pun mengaku bila pihaknya terus mengimbau kepada para pedagang untuk segera membuat Kepas, terutama pedagang yang ada di Pasar Youtefa yang jumlah pedagangnya paling banyak dibandingkan pasar lain.
“Kami masih terus meminta para pedagang untuk segera menghubungi petugas yang ada di pasar atau datang langsung ke dinas,” katanya.
“Harapan kami sebelum tahun ini berakhir, seluruh pedagang sudah memiliki kartu pedagang elektronik,” sambung Awi.
Untuk Pasar Tanjung Ria, pedagang yang telah memiliki Kepas sudah 100 persen, dan pedagang yang terdaftar ada 50 pedagang yang menggunakan kios milik Pemkot. Kemudian untuk Pasar Hamadi, dari 355 pedagang yang sudah terdata ada 275 pedagang.
“Sedangkan Pasar Youtefa masih terus dilakukan pendataan, dan yang telah terdata 370 pedagang. Dari 370 pedaang itu masih tersisa sekitar 350 pedagang,” ujarnya lagi.
(anjas)