Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kejari Pontianak Musnahkan Barang Bukti Narkotika    

0

Pontianak, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Negeri Pontianak, Selasa, memusnahkan barang bukti narkotika berbagai jenis yang sudah punya kekuatan hukum tetap atau terdakwanya sudah divonis oleh majelis hakim.
“Barang bukti narkotika berbagai jenis tersebut, kami musnahkan dengan cara dibakar, di halaman Kejari Pontianak,” kata Kasi Pidum Kejari Pontianak, Putu Eka di Pontianak.
Adapun barang bukti yang dimusnahkan, yakni narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 199 gram dari 92 perkara, kemudian ekstasi 136 gram dari enam perkara, dan ganja sebanyak109 gram dari satu perkara.
Menurut dia, dimusnahkannya barang bukti tersebut, setelah tidak terkait dengan kasus lainya, dan barang bukti tersebut juga berbahaya sehinga harus segera dimusnahkan.
“Adapun barang bukti yang dimusnahkan dengan cara dibakar, yakni berbagai peralatan pendukung dari pengunaan narkotika tersebut, sementara untuk ekstasi dan sabu-sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan dengan zat kimia,” ujarnya.
Sebelumnya,  Selasa (13/9) Bea Cukai Entikong menggagalkan upaya penyeludupan sabu-sabu seberat 5,13 kilogram yang masuk melalui Pos Pemeriksaan Lintas Batas Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.
Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat, Saifullah Nasution mengatakan, sabu-sabu tersebut disembunyikan di bagian bawah (kolong) mobil Suv KB 1197 HW, oleh tersangka, MDR.
Atas perbuatan tersebut, tersangka diancam pasal 113 ayat (2) UU No. 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati, pidana seumur hidup atau penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp10 miliar ditambah satu pertiga, katanya.(anjas)