Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga bersihkan sungai Ogan Baturaja

0

Baturaja,jurnalsumatra.com – Warga Kelurahan Baturaja Lama Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Minggu, membersihkan Sungai Ogan dari sampah.

Warga membersihkan hamparan sampah di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan Lubuk Rambai di Kelurahan Baturaja Lama dan Kelurahan Air Gading, Ogan Komering Ulu (OKU), terlebih memasuki musim hujan aliran air harus lancar, kata Ridwan (48) warga setempat.

Menurut dia, kondisi sungai yang demikian sudah terjadi selama ini. Padahal sungai tersebut dijadikan tempat pemandian selama bertahun-tahun oleh warga sekitar.

Banyaknya sampah di tepian sungai itu lantaran warga setempat membuangnya di bantaran sungai.

Berbagai elemen masyarakat berinisiatif membersihkannya. Salah satunya oleh LSM Pemuda Anti Korupsi-Peduli Lingkungan Hidup (Petisi-PLH) setempat.

Ketua LSM Petisi-PLH, Emawan mengatakan, pembersihan sampah sungai di pangkalan mandi masyarakat itu selain untuk membuat nyaman juga untuk merayakan ulang tahun kedua LSM tersebut.

Tak hanya di tepian Sungai Ogan, warga dua kelurahan itu juga membersihkan sampah di permukiman penduduk dan pinggiran aliran sungai.

Selain membersihkan sampah, mereka juga memasang banner imbauan yang berisi tentang penjagaan kebersihan dan kelestarian sungai karena sungai merupakan sumber kehidupan.

Menurut dia, sungai yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari harus dijaga kebersihannya.

“Jika banyak sampah, tentunya kesehatan penggunanya juga terganggu. Kita mandi di sana, tapi kondisi air sungai dengan banyak sampah.” katanya.(anjas)