Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BMKG Pangkalpinang Peringatkan Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

0

Pangkalpinang, jurnalsumatra.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, memperingatkan nelayan setempat untuk waspada karena gelombang laut dalam beberapa hari ke depan sejak Rabu (19/8) pukul 07.00 WIB cukup tinggi yakni mencapai 2,5 meter.
“Ada baiknya jika nelayan untuk sementara tidak melaut demi keselamatan. Dari pada memaksakan diri namun jiwa terancam, tunggu saja kalau cuacanya bagus baru beraktivitas di laut,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Selasa.
Ketinggian gelombang laut tersebut, kata dia, berpeluang terjadi di Selatan Pulau Bangka, Selat Gelasa, Selat Karimata bagian selatan dan Perairan Pulau Belitung.
Menurut dia, ketinggian gelombang laut ini dipicu angin kencang dengan kecepatan mencapai 38 kilometer per jam bergerak dari timur menuju selatan.
“Kondisi angin di perairan Babel saat ini juga cukup kencang sehingga dikhawatirkan ketinggian gelombang laut akan semakin meningkat,” katanya.
Sementara itu, ketinggian gelombang laut di jalur pelayaran Babel lainnya, yakni di Utara Bangka mencapai 2,3 meter dengan kecepatan angin 33 kilometer per jam.
“Sedangkan di Selat Bangka ketinggian gelombang laut berkisar antara satu hingga dua meter dengan kecepatan angin 10-30 kilometer per jam,” ujarnya.
Berdasarkan pantauan satelit cuaca, kata dia, kondisi daratan Babel masih belum berpotensi turunnya hujan.
“Seluruh daratan Babel di tujuh kabupaten kota kondisi cuaca diprakirakan cerah berawan tidak ada potensi turunnya hujan,” katanya.
Sedangkan kondisi angin di daratan tersebut, lanjutnya, masih sama seperti hari sebelumnya, belum ada peningkatan yang signifikan.
“Kecepatan angin di daratan Babel berkisar antara tujuh hingga 30 kilometer per jam dengan suhu udara mencapai 34 derajat celcius,” katanya.(anjas)