Irman: Diskriminasi Pendidikan Berlindung Pada Program Ideal      

0

Makassar, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Disdik Sulsel) Irman Yasin Limpo menyoroti diskriminasi pendidikan yang berlindung di balik program yang tampaknya ideal.
“Diskriminasi pendidikan kadang berlindung di balik program ideal, seperti program sekolah unggulan,” kata Irman yang ditemui di Makassar, Senin.
Jika ada sekolah unggulan, kata dia, berarti ada sekolah yang tidak unggul. Anak-anak yang bersekolah di sekolah non unggulan ini tanpa disadari mengalami diskriminasi karena memperoleh pendidikan dengan kualitas yang lebih rendah.
“Padahal tanggung jawab negara itu kan untuk mengunggulkan semua sekolah,” tegas Irman yang dilantik sebagai Kepala Disdik pada awal bulan September ini.
Karenanya, dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, kata dia, upaya untuk meratakan kualitas pendidikan di berbagai wilayah di Sulsel menjadi salah satu tugas utama Disdik.
Salah satu point yang menjadi fokus utama adalah peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah.
Irman mengungkapkan hingga saat ini nilai hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) Sulsel masih di bawah standar nasional.
Pada beberapa mata pelajaran, nilai UKG bahkan lebih rendah dibandingkan nilai terendah yang diraih siswa pada ujian nasional untuk mata kuliah tersebut.
Untuk meningkatkan nilai UKG ini, pihaknya akan menyelenggarakan diklat kompetensi bagi guru, khususnya guru SMU di Sulsel.(anjas)