Maskot Surili Mulai Diburu

0

    Bandung, jurnalsumatra.com – Maskot PON 2016 Jawa Barat “Mang Surili” mulai diburu oleh penonton dan juga angota kontingen di sekitar lokasi pertandingan.
“Hari ini mulai meningkat, mungkin karena sudah ada cabang olahraga yang menyelesaikan pertandingannya. Penjualan hari ini sedikit meningkat,” kata Hardi, salah seorang pedagang maskot PON di Bandung, Kamis.
Surili adalah primata endemis di Jawa Barat yang saat ini populasinya mencapai 2600 ekor lagi dan jumlahnya terus menurun.  Untuk maskot PON itu terdiri sepasanhg surili yang dinamai “Lili dan Lala”.
Maskor surili merupakan salah satu daya tarik PON XIX/2016 Jabar dan merupakan salah satu maskot yang cukup menarik dan memiliki desain unik.

     Namun harga maskot masih ditawarkan berbeda-beda antara perdagang dengan pedagang lainnya.   Harga maskot surili dijual antara  Rp80 ribu hingga Rp100 ribu. Bahkan ada yang menawarkan hingga Rp150 ribu per buah.
“Ya harga penawaran dulu, bisa ditawar,” katanya.
Selain boneka maskot, juga ada cenderamata lainnya seperti tas dan dompet kulit, batu akik, bantal dan lainnya yang diproduksi oleh UMKM di Jawa Barat.
Selain itu pedaganh kaos dan aksesoris PON juga menambah kemeriahan di tempat pertandingan. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar dengan Dinas Industri dan Perdagangan (Indag) mengelar pamerah produk unggulan di sejumlah setiap kabupaten/kota penyelenggara PON.(anjas)