Pameran UMKM Minim Peserta

0

UMKMPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Dampak belum membaiknya perekonomian secara nasional membuat daya beli konsumen menjadi menurun, hal tersebut terlihat dari pameran produk unggulan khas daerah yang digelar 22-25 september di Palembang Indah Mall minim peserta.

Kepala Dinas Koperasi Dan Umkm Pemprov Sumsel, Ahmad Razili mengklaim peserta pameran produk UMKM yang digelar cukup ramai, karena peserta dari berbagai daerah yang tersebar secara nasional mulai dari Jawa, Sulawesi dan lainnya.

“Pesertanya cukup banyak mencapai 30 peserta dari berbagai daerah, pameran ini sudah digelar setiap tahun, dengan pameran ini produk dalam negeri semakin dicintai masyarakat,”kata Razili, usai membuka membuka opening ceremony dan stage eveat pameran produk unggulan khas, Kamis (22/9).

Menurut Razili konsumen kuliner dan konvensional lebih tinggi dibandingkan produk lainnya, hal karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau. Oleh karena itu konsumen ini tidak begitu berpengaruh meski daya beli menurun.

“Kulier dan konvensional lebih tinggi pembelinya dibandingkan dengan produk lain, karena produk daerah tidak dalam menggunakan teknologi,”jelasnya.

Pantauan diatrium Indah Mall peserta yang hadir tidak begitu tinggi, karena para pengusaha yang hadir tidak begitu banyak, aktifitas pameran cenderung sepi calon konsumen.

Peserta dari Kabupaten Pringsewu Lampung, Hidayat Septa mengikuti pameran yang digelar bukan untuk mencari keuntungan semata namun pameran ini mendapatkan calon konsumen, karena pameran sebagai media informasi baginya.

“Kalau keuntungan setiap pameran hanya Rp 2-3 juta saja, namun setelah pameran banyak calon konsumen yang memesan produk yang kita buat,”ujarnya.

Hidayat yang menjual produk khas daerah kabupaten Pringsewu baik itu seperti tas, keset kaki hingga kuliner seperti keripik tempe, abon lele dan sebagainya, setelah mengelar pameran begitu banyak konsumen yang memesan tidak hanya dalam negeri namun hingga luar negeri.

“Produk yang kami jual adalah produk kami sendiri, harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp 15000-5000.”urainya.(eka)