Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dishub Larang Truk Tonase Diatas 5 Ton Melintas

0
images-2

Ilustrasi

KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com –
– Akses ruas Jalan Simpang Kijang Desa Celika Kecamatan Kayuagung sampai ke Sirah Pulau (SP) Padang terancam cepat rusak. Pasalnya, dalam waktu dekat ini rute jalan tersebut akan digunakan truk-truk bermuatan tanah bertonase berat melakukan penimbunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring.

Dinas Perhubungan (Dishub) OKI Thohir menyatakan pihaknya akan melakukan pengamanan aset daerah dengan memasang tanda larangan bagi kendaraan yang melebihi 5ton hingga patroli rutin mengawasi truk pengangkut tanah.

“Jalan Simpang Kijang-SP Padang merupakan akses jalan kabupaten yang baru saja dilebarkan dan sedang dikerjakan. Makanya kami pasang larangan bagi truk bermuatan diatas 5ton dilarang melintas. Truk diperbolehkan melintasi jalan ini mengangkut tanah dengan berat maksimal 5ton. Ya, nanti ada petugas yang lakukan patroli,” kata Kadishub OKI Thohir, Jum’at (23/9/2016).

Menurut dia, Jalan Simpang Kijang ini rencananya akan dilalui truk pengangkut tanah yang akan didistribusikan untuk penimbunan pembangunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring.

Penimbunan jalan tol tidak dapat dilalui langsung dari pangkal jalan tol karena pengerjaan penimbunan yang dimulai dari nol kilometer sampai 25kilometer dikerjakan oleh lima subkontraktor.

“Masing-masing subkontraktor mengerjakan penimbunan tanah sekitar 5kilometer. Tidak mungkin harus menunggu penimbunan awal dulu. Ada juga subkontraktor menimbun dari tengah dulu. Nah mereka yang akan menimbun jalan tol ini mengangkut tanahnya melalui jalan Simpang Kijang-SP Padang. Karena tanahnya ada yang berasal dari Rambutan Banyuasin,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional dan PU untuk dapat berkoordinasi dengan Dishub OKI sebelum penimbunan dimulai.

“Jalan simpang kijang Celikah sampai Batu Ampar baru saja diperbaiki dengan cara dilebarkan dan sebagian lagi dimulai dari Desa Batu Ampar sampai ke simpang SP Padang sedang dalam pengerjaan. Jika truk melebihi tonase melintas, hancur juga jalan ini,” terangnya.(RICO)