Sirkuit Jakabaring Datangkan Konsultan Jerman

0
Sumsel Siapkan Lahan Untuk Sirkuti Motor GP

Sumsel Siapkan Lahan Untuk Sirkuti Motor GP

PALEMBANG jurnalsumatra – Provinsi Sumatera Selatan atau satu – satu nya provinsi di indonesia yang akan Segera Membangun Sirkuit MotoGP Di kawasan Jakabaring Sport Citt (JSC) yang akan menghabiskan sekitar Dana Rp 500 Miliar.

“Kalau untuk Dana nya Sendiri itu baru perkiraannya saja dari konsultan Jerman.” ungkap Basyaruddin, Kepala Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya Sumsel, dipemprov sumsel jumat (23/9).

Dia juga Mengatakan, dana untuk pembagunan MotoGP sendiri  merupakan dana dari pihak ketiga yang nantinya berbentuk Build Operate Transfer (BOT). Serta Untuk lahan yang akan digunakan yaitu sekitar 120 hektar dan untuk saat ini belom ada pembebasan lahan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan dari Dorna selaku official dari MotoGP. Begitupun, untuk desainnya sendiri juga masih menunggu dari konsultan untuk panjangnya dan luasnya.

“saat ini konsultan jerman masih dalam proses kontrak Jika sudah dikontrak mungkin tidak terlalu lama hanya 2-3 minggu desainnya sudah didapatkan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel,  Alex Noerdin mengatakan, kondisi lahan yang disiapkan terintegrasi berada di kawasan JSC yang merupakan komplek olahraga berstandar Internasional. Selain itu, akses menuju lokasi yang akan dibangun Sirkuit sangat mudah. Pasalnya, akses transportasi menuju JSC sudah disiapkan seperti Light Rail Transit (LRT), Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI yang semuanya terkoneksi dengan kawasan JSC.

“Akses transportasi menjadi bagian yang sangat penting, keunggulan kita, akses menuju lokasi yang akan dibangun sirkuit sangat mudah,” terangnya.

Alex juga menambahkan, Pemprov Sumsel akan terus mengupayakan secepatnya mulai dilakukan pengerjaan fisik, melihat lama pengerjaan sirkuit ini diperkirakan memakan waktu satu tahun lebih. Selain itu, ditujukan agar pada 2017 nanti Dorna Sport melihat sudah ada progresnya dan bisa menjadwalkan Sumsel bisa mendapatkan salah satu seri untuk gelaran MotoGP 2018.

“Jadi bapak- bapak sekalian, saya yakin ini akan jadi dan berhasil dibangun, tinggal bagaimana kita mencari dananya, seperti yang biasa kita lakukan, kita mampu membangun tanpa mengeluarkan dana sendiri, bahkan pembangunan besar sekalipun,” ujarnya.

Untuk diketahui, konsultan desainer sirkuit MotoGP, Hermann Tilke merupakan desainer sirkuit berpengalaman yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport. Tilke telah merancang 18 dari 21 sirkuit MotoGP serta 16 dari 19 sirkuit Formula 1 yang ada di seluruh dunia.”(MaDoN)