Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kapal Ferry Cadangan Palembang-Bangka Belum Diturunkan

0

Palembang ,jurnalsumatra.com – Kapal cadangan yang disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan di pelabuhan penyeberangan Tanjung Api Api dari Palembang ke Pulau Bangka pada arus balik Lebaran Idulfitri 1437 Hijriah/2016 belum diturunkan.

“Enam kapal ferry yang dioperasikan secara reguler selama ini cukup untuk melayani masyarakat pada arus balik Lebaran Idulfitri ini,” kata petugas Pelabuhan Tanjung Api Api Zulkarnain di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, secara umum pelayanan kepada masyarakat selama musim mudik Lebaran sejak awal Juli 2016 hingga kini berjalan dengan baik sehingga tidak ada satu pun penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang dari Palembang ke Bangka dan sebaliknya yang terlantar di pelabuhan.

“Tidak ada kendala dalam proses pelayanan penumpang saat keberangkatan maupun kedatangan kapal cepat dari Palembang ke Bangka dan sebaliknya pada arus balik Lebaran sekarang ini,” ujarnya.

Sementara pelayanan pengguna jasa angkutan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, pada arus balik tiga hari setelah (H+3) Lebaran Idulfitri ini belum terjadi lonjakan penumpang yang berarti.

Petugas Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Apran menjelaskan bahwa pelayanan kepada pengguna jasa angkutan laut ini tidak ada kendala, semua penumpang bisa terangkut dengan dua armada kapal cepat yang disiapkan melayari rute Palembang-Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Jumlah penumpang yang akan ke Pulau Bangka pada arus balik Lebaran tahun ini belum mengalami lonjakan atau masih berada pada posisi 60 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, meskipun sekarang ini terjadi sedikit peningkatan dibandingkan sebelumnya.

“Hari ini penumpang kapal cepat yang diberangkatkan dari pelabuhan ini berkisar 300 penumpang, melihat kondisi jumlah penumpang sekarang ini diperkirakan pada masa arus balik Lebaran ini tidak terjadi lonjakan berarti,” ujarnya.

Sementara kondisi jumlah penumpang pada arus balik kedatangan kapal cepat dari Pelabuhan Muntok, Bangka Belitung ke Pelabuhan Boom Baru Palembang, beberapa hari ini masih tergolong sepi.

Meskipun tidak terjadi lonjakan penumpang sebagaimana di pelabuhan lain, pihaknya tetap berupaya melakukan persiapan maksimal agar kegiatan pelayanan kepada masyarakat pada arus balik ini berjalan dengan baik.

Secara umum pelayanan kepada pemudik Lebaran pada tahun 2016 ini bisa dilakukan dengan baik, karena sejak dimulainya arus mudik hingga arus balik sekarang tidak ada kendala yang berarti dan belum ada satupun penumpang yang terlantar atau mengalami masalah gangguan kesehatan, serta gangguan keamanan di pelabuhan ini, kata dia pula.(anjas)