Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Distan SUMSEL Optimistis Cetak Sawah Baru Tercapai

0

Palembang ,Jurnalsumatra.com- Pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan merasa optimistis cetak sawah baru di provinsi itu pada tahun 2016 ini dapat tercapai.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan Erwin Noor Wibowo menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai program cetak sawah baru di Palembang, Selasa.

Menurut dia, program cetak sawah baru di Sumatera Selatan pada tahun 2016 ini seluas 9.000 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten.

Cetak sawah baru itu dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Musirawas.

“Yang paling luas cetak sawah baru itu berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir,” katanya tanpa merinci luasan dimaksud.

Ia mengatakan, cetak sawah baru itu diharapkan bisa menambah produksi padi di provinsi Sumsel dimana sekitar 4,8 ton gabah kering giling (gkg) per hektare.

Sekarang ini cetak sawah baru itu sudah sekitar 75 persen dan pihaknya optimistis pada September 2016 ini bisa selesai, ujarnya.

Ia menuturkan, program cetak sawah baru itu di lokasi lahan lebak, karena sekarang musim hujan menjadi kendala di lapangan.

Program cetak sawah baru di Sumsel itu pada tahun 2016 ini lebih luas dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.000 hektare.

Ia mengakui, kalau di Sumsel untuk cetak sawah baru potensinya cukup besar di sejumlah kabupaten di provinsi tersebut.

“Target kita pada tahun ini produksi padi di Sumatera Selatan mencapai 4,8 juta ton gkg yang diharapkan dapat tercapai, apalagi dengan adanya cetak sawah baru,” katanya.(anjas)