Riau Dan Sumut Berbagi Emas Di Master

0

     Bandung, jurnalsumatra.com – Mengakhiri pertandingan cabang olahraga boling PON XIX/2016 di Jawa Barat, Minggu, perutusan Riau dan Sumatera Utara berbagi medali emas di nomor master putra dan putri di lintasan boling Siliwangi Bandung.
Hardy Rahmadian mempersembahkan emas pertama boling PON XIX bagi daerahnya setelah di final dengan sistem Step Ladder menundukkan penantangnya, Oscar (Jatim) yang harus puas mendapatkan medali perak.
Sementara itu atlet nasional yang juga merupakan andalan DKI Jakarta, Ryan Lalisang, hanya mampu memperoleh medali perunggu setelah dikalahkan Oscar untuk melawan peringkat pertama, Hardy.
Nomor paling bergengsi ini merupakan laga paling seru karena melibatkan puluhan supporter. Jatim dan tuan rumah Jabar selama ini paling meriah dikawal suporternya masing-masing.

     Namun untuk Riau dan Sumut yang sebelumnya tidak memiliki pendukung, terpaksa mengerahkan para atlet cabang olahraga lain yang tidak lagi bertanding karena kalah ataupun yang sudah selesai.
Di sektor putri, peboling Jatim Puteri Astari gagal mempertahankan dominasinya di puncak klasemen sementara babak penyisihan nomor Master, karena dalam final kalah dua kali dari Aldila Indryati Sumut. Medali perunggu diraih atlet tuan rumah Nadia Pramanik yang sebelumnya kalah “head to head” dari Aldila.
Dengan berakhirnya cabang olahraga boling PON XIX 2016 yang mempertandingkan 11 nomor, Jawa Timur tampil sebagai juara umum mengumpulkan empat medali emas, enam perak dan tiga perunggu.
Manajer Tim boling Jatim, Robby Roumimper, menyatakan kegembiraannya atas perolehan tersebut karena semula ia hanya menargetkan tiga emas.
Sebaliknya, DKI yang pada PraPON tahun lalu di Bogor berhasil memborong sembilan emas, kini hanya mengoleksi dua emas, tiga perak dan tiga perunggu.
Urutan berikutnya Jabar (1, 1, 5), Kaltim (1, 1, 0), Sumbar (1, 0, 0), Sumut (1, 0, 0) dan Riau (1, 0, 0). Sementara itu enam daerah lainnya meliputi Kepri, Jambi, Sumsel, Jateng, Bali dan Sulut gagal memperoleh medali.(anjas)