Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


MENDAG: Persediaan bahan pokok cukup hingga puasa

0

Palembang,jurnalsumatra.com – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan persediaan bahan pokok masih cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga menjelang puasa sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Beras, gula, dan telur sudah terpenuhi karena persediaan masih cukup, kata Mendag ketika ditanya wartawan usai membuka Pameran Pangan Nusantara dan Produk Unggulan Khas Daerah di Palembang, Jumat.

Begitu juga kedelai, jagung dan pangan lainnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Persediaan yang cukup itu juga untuk menstabilitaskan harga yang umumnya naik menjelang puasa.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang persediaan daging belum begitu banyak tetapi pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Yang jelas, untuk kebutuhan bulan puasa nanti daging masih mencukupi karena pasokan terus ditambah.

Persediaan kebutuhan pokok yang cukup tersebut sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan termasuk dalam menstabilkan harga, katanya.

Ketika ditanya tentang harga yang mengalami kenaikan, dia mengatakan, itu memang ada tetapi hanya di beberapa daerah.

Yang jelas persediaan cukup dan itu salah satu upaya dalam menstabilkan harga terutama menjelang puasa mendatang.

Sementara mengenai kenaikan harga jengkol, dia mengatakan, hal itu karena pasokan kurang sehingga pihaknya akan mendatangkan dari Sumsel dan Lampung.

Namun, kenaikan harga jengkol tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian karena itu bukan kebutuhan pokok.(anjas)