Pemkot Siapkan Pompa Penyedot Air Atasi Banjir

0

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air setempat menyiapkan pompa penyedot air untuk membantu penanganan banjir di beberapa pemukiman warga.
Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Taufik Syahzaeni di Tangerang, Selasa mengatakan, sudah mengerahkan 55 personil untuk menangani persoalan banjir.
“Kami juga mengerahkan dua pompa air tambahan di Ciledug Indah, jadi total ada delapan pompa untuk membantu penanganan banjir,” katanya.
Untuk menangani beberapa rembesan atau kebocoran turap, Taufik juga menyampaikan, pihaknya telah mengalokasikan dana untuk menambal beberapa turap yang bocor.
“Di anggaran perubahan ini sudah diplot anggarannya untuk penanganan rembesan atau kebocoran. Sedangkan untuk Pondok Bahar dan sekitarnya itu akan kita koordinasikan dengan pihak pemerintah pusat karena turapnya yang mengerjakan pusat, jadi kami hanya melakukan penanggulangan sementara,” ujarnya.

   Sementara itu, Wakil Wali Kota Sachrudin menjelaskan, penanganan banjir di Kota Tangerang memerlukan kerjasama dari semua pihak termasuk masyarakat.
“Mudah-mudahan dengan kebersamaan persoalan banjir dan juga persoalan perkotaan lain bisa tertangani,” katanya.
Wakil juga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa lebih pro-aktif dengan kembali menggalakkan kerja bakti di lingkungan masing-masing guna mencegah terjadinya bencana banjir dan menyebarnya penyakit.
“Saluran air jangan lupa dibersihin secara rutin sehingga tidak tersumbat, jadinya banjir bisa dicegah, bibit penyakitpun musnah,” Pesan Wakil.
Selain itu, Wakil juga memaparkan, sejauh ini Pemkot juga telah mengantisipasi bencana banjir dengan mendirikan posko pengungsian termasuk posko kesehatan.
“Logistik, posko kesehatan sudah siap. Kita sudah antisipasi, tinggal masyarakat agar bisa membangun kebersamaan dan komunikasi,” paparnya.
Sebelumnya, curah hujan tinggi di wilayah Jabodetabek telah menyebabkan beberapa wilayah tergenang termasuk di Kota Tangerang terutama di sekitar Daerah Aliran Sungai Angke.(anjas)