Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bupati Kupang Ancam Copot Panitia Tender Proyek      

0

Kupang, jurnalsumatra.com – Bupati Kupang Ayub Titu Eki mengancam akan mencopot sejumlah panitia tender proyek pemerintah di lingkungan Setda Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, karena diduga kuat bersekongkolan dengan kontraktor tertentu dalam menentukan pemenang tender.
“Bupati Kupang akan melakukan evaluasi terhadap kinerja panitia pelaksana tender proyek di daerah ini. Jika terbukti ada persekongkolan, bupati tidak segan-segan untuk mencopot mereka dari kedudukan tersebut,” kata Kabag Humas Setda Kabupaten Kupang Stefanus Baha kepada Antara di Oelamasi, Sabtu.
Ia mengatakan dugaan adanya persekongkolan tersebut, karena proyek-proyek di wilayah Kabupaten Kupang hanya digarap oleh sekelompok kontraktor tertentu.
“Publik juga mengeluh karena pelaksanaan tender proyek selalu dilakukan berbelit-belit oleh panitia tender, namun tiba-tiba diketahui sudah ada pemenang tendernya. Ini kan tidak transparan yang patut dievaluasi,” ujarnya.
Atas dasar itu, kata dia, Bupati Ayub Titu Eki akan melakukan evaluasi total terhadap kinerja panitia tender di lingkungan Setda Kabupaten Kupang, karena masih menjadi sorotan publik.
Ia mengatakan Bupati Ayub Titu Eki memiliki informasi yang sangat akurat tentang proses penentuan pemenang tender yang dilakukan selama ini, didahuli proses negosiasi yang melibatkan sejumlah oknum panitia tender dengan kontraktor tertentu.
Ia menambahkan mudahnya penentuan pemenang tender proyek tersebut karena ada pegawai yang sudah bertahun-tahun menjadi panitia tender sehingga sudah mengenal para konconya.
“Hal inilah yang tampaknya membuat Bupati Ayub Titu Eki menjadi berang, sehingga mengancam akan mencopot oknum panitia tender yang sudah makan asam garam dengan arah permainan di dalam,” katanya menegaskan.
Dia mengakui, terhadap panitia tender yang bekerja tidak profesional akan ditindak tegas dengan mencopotnya dari panitia tender.
Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kupang menginginkan dalam proses pelaksanaan tender proyek harus dilakukan secara transparan dan terbuka mungkin sesuai aturan main yang berlaku.(anjas)