Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PusKaDD : Herman Deru Dominasi Jagat Maya

0

herman-deruPalembang, jurnalsumatra.com – Bedah para bakal calon gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 telah mulai dilakukan oleh para pemerhati pilkada. Padahal pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 masihlah lama.

Salah satu lembaga yang melakukan kajian tersebut adalah Pusat Kajian Demokrasi Digital (PusKaDD) Cabang Sumsel. Lembaga ini mengkaji hiruk pikuk kampanye para bakal calon kepala daerah di sosial media. Salah satu yang dikaji adalah demokrasi digital di Sumsel menjelang pilgub Sumsel 2018.

Muhammad Rizky, Sekretaris Pelaksana PusKaDD Sumsel menjelaskan, pihaknya melakukan monitoring sosial media khususnya terkait aktivitas para bakal calon gubernur Sumsel 2018 di sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan path, hasilnya cukup menarik. Demikian disampaikan Rizky saat presentasi hasil kajian lembaganya di Bingen Cafe. (28/9)

Rizky menjelaskan dari 10 tokoh yang dimonitor aktivitas akun pribadi maupun pendukungnya dapat disiimpulkan Herman Deru merupakan tokoh yang mendominasi jagat maya Sumsel. Daily buzz Herman Deru di twitland bahkan jauh diatas gubernur petahana Alex Noerdin. Herman Deru juga merupakan tokoh yang paling sedikit mendapatkan sentimen negatif. “Monitoring sosmed ini menggunakan mesin, memakai sistem, jadi tak ada unsur diarahkan atau human error. Semua real dan real time,” ujarnya.

Sementara hasil monitoring di facebook juga menempatkan Herman Deru sebagai tokoh yang paling banyak diperbincangkan. “Akun-akun yang berafiliasi dengan Herman Deru paling banyak mendapatkan respon publik dan perbincangannya terjadi secara real antar akun manusia bukan robot,” demikian ujar Rizky.

Rizky menerangkan fenomena penggunaan media sosial sebagai media kampanye amat baik bagi perkembangan demokrasi di Sumsel.(relis/katib)