Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Gubernur: Serapan APBD Sumbar Lima Besar Nasional

0

Padang, jurnalsumatra.com – Penjabat Gubernur Sumatera Barat  Reydonnyzar Moenek menyampaikan tingkat penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) provinsi itu termasuk lima besar  nasional.
“Dalam catatan Kementerian Dalam Negeri Sumbar masuk lima besar penyerapan anggaran hingga Juni 2015,” kata dia di Padang, Selasa.
Menurut dia pada 30 Juni 2015 pada data sistem monitoring dan evaluasi penyerapan dan realisasi anggaran secara daring, rata-rata penyerapan anggaran provinsi 25,95 persen dan kabupaten serta kota 24,95 persen.
Posisi tertinggi diraih Kalimantan Tengah, Gorontalo, Jawa Timur dan Sumbar berada pada posisi kelima, ujar dia.
Reydonnyzar mengatakan selaku Direktur Jenderal Tata Kelola Keuangan Daerah Kemendagri pihaknya  sebelumnya telah meminta kepala daerah untuk mempercepat penyerapan anggaran.
Karena di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melemah dan rupiah menurun  sehingga konsumsi menurun maka pilihan terbaik adalah mempercepat penyerapan anggaran, ujar dia.
Ia menyebutkan dari Rp660 triliun yang telah digelontorkan pemerintah pusat kepada daerah sekitar 50 persen atau Rp330 triliun uang sudah ada di daerah.(anjas)