Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Jepang Berminat Kerja Sama Dengan Kota Kupang

0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Wali Kota Kupang Jonas Salean mengatakan Pemerintah Jepang sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang di sektor pariwisata, ekonomi dan peningkatan kualitas sumber daya aparatur.
“Kita (Pemerintah Kota Kupang, red) pada prinsipnya siap, tinggal menunggu tindaklanjut dari apa yang telah kami bicarakan bersama dengan Kepala Bagian Politik Kedubes Jepang untuk Indonesia Ryo Nakamura,” katanya kepada Antara di Kupang, Jumat.
Ia mengatakan kerja sama dengan Pemerintah Jepang merupakan hal yang positif, karena bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat serta aparatur negara di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.
Sebelumnya, pemerintah Kota Kupang juga menjalin kerja sama “Kota Kembar” dengan Palmerstone, sebuah kota di Australia, namun sampai sejauh ini belum menampakkan hasil nyata.
Pada masa pemerintahan Wali Kota Daniel Adoe, juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Negeri Belanda di sektor pendidikan, dan menunjukkan hasil yang bagus.
“Sampai saat ini Pemerintah Jepang masih mengkaji ruang lingkup yang tepat untuk membangun kerja sama dengan Pemkot Kupang,” kata Wali Kota Salean.

    Mantan Sekretaris Daerah Kota Kupang itu berharap kerja sama pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya aparatur bisa disepakati untuk membantu aparat dalam meningkatkan kinerjanya di bidang tata kelola administrasi pemerintahan.
Berkaitan dengan aspek ekonomi, Kota Kupang yang berkarakter jasa dan perdagangan ini sangatlah potensial jika kerja sama bidang ekonomi dengan Pemerintah Jepang terlaksana.
“Untuk kerja sama bidang ekonomi kita sudah sangat siap. Kondisi infrastruktur sudah bisa menujang kerja sama itu,” kata Jonas.
Aspek perizinan yang menjadi kendala di dunia investasi, sudah bisa teratasi dengan sistem penerbitan izin online yang memberikan kemudahan satu hari jadi. Tidak perlu lagi banyak waktu untuk mengurus izin usaha di Kota Kupang.
“Asalkan semua persyaratan lengkap, maka izin akan bisa langsung diterbitkan,” katanya.
Ryo Nakamura saat bertemu Wali Kota Kupang Jonas Salean mengungkapkan kerinduan dan harapan Pemerintah Jepang untuk bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang di sektor pariwisata, ekonomi dan pembinaan aparatur.
Namun, Nakamura tidak menjelaskan secara rinci bentuk kerja sama dimaksud, karena masih dalam bentuk penjajakan. “Kami sedang mencari formasi yang tepat untuk membangun kerja sama,” ujarnya.(anjas)