Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga Padang Panjang Rasakan Gempa Bukittinggi        

0

Padang Panjang, jurnalsumatra.com – Masyarakat di Kota Padang Panjang di Provinsi Sumatera Barat merasakan gempa yang berpusat di Kota Bukittinggi, Selasa.
“Kami kaget dan langsung keluar rumah, karena ada gempa,” kata salah seorang warga Padang Panjang Yeni, di Padang Panjang, Selasa.
Dia mengatakan, gempa yang dirasakan tersebut tidak tahu pusatnya di mana yang pasti setelah merasakan adanya getaran gempa dirinya mengambil inisiatif menyelamatkan diri terlebih dahulu.
“Terjadi getaran, kami langsung menyelamatkan diri,” kata dia sambil menggendong putranya.
Warga lainnya Roni juga mengatakan getaran gempa yang terjadi menjelang pagi itu membuat warga Padang Panjang khawatir.
“Padang Panjang merupakan daerah rawan gempa yang pernah menjadi pusat gempa beberapa kali pada 2007. Dengan adanya getaran gempa siang ini, kami menjadi cemas kondisi itu kembali terjadi,” ujarnya.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Padang Panjang mencatat telah terjadi gempa sekitar pukul 12.38 WIB dengan kekuatan 4.0 SR berada pada posisi 0.24 derajat Lintang Selatan (LS), dan 100.41 derajat Bujur Timur (BT) berkedalaman 10 km, sekitar 7 km timur laut Bukittinggi, Sumbar, namun tidak berpotensi tsunami.
Pemkot Padang Panjang mengimbau masyarakat di daerah itu agar selalu meningkatkan kewaspadaan.
“Gempa bisa saja terjadi kapan dan dimana saja, untuk itu kami harapkan masyarakat selalu waspada. Namun gempa yang baru dirasakan tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Kota Padang Panjang Ampera Salim.
Saat ini, katanya, belum ada laporan dari masyarakat jumlah kerusakan bangunan yang terjadi akibat gempa tersebut.(anjas)